5 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod

Selain dapat menambah nafsu makan anak, minyak hati ikan kod juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sesuai namanya, minyak hati ikan kod itu memang berasal dari ikan, yaitu ikan kod.Atau sering juga dinamai dengan cod liver oil.

MANFAAT MINYAK HATI IKAN KOD Sejatinya, minyak hati ikan kodsudah familiar sejak dulu. Bila anak susah makan, segera diberi minyak hati ikan kod. Benarkah minyak hati ikan kod dapat menambah nafsu makan anak? Berikut 4 manfaat COD Liver Oil :

1. MENAMBAH NAFSU MAKAN
Itu tidak keliru. Sebab, minyak hati ikan kod sarat dengan vitamin yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak seperti vitamin B kompleks dan vitamin D. Kedua vitamin tersebut dapat membangkitkan nafsu makan anak. Meski begitu, orangtua sebaiknya fokus untuk menemukan penyebab anak tak nafsu makan, kemudian mengatasinya. Sebuah penelitian di University of Chicago menyebutkan, vitamin B kompleks mampu mendongkrak selera makan anak. Ada peningkatan kalori siginifikan setelah anak diberi asupan vitamin B kompleks. Vitamin ini juga mampu membantu meningkatkan mood yang mungkin efektif untuk anak-anak yang kehilangan nafsu makan karena stres. (http://www.healthguidance.org)

2. MEMBUAT CERDAS
Minyak hati ikan kodkaya dengan kandungan omega 3, yakni Eicosapentaenoic (EPA) dan asam Docosahexaenoic (DHA). Kedua zat gizi itu bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan sel-sel otak dan saraf, yang merupakan dasar dari kecerdasan anak. Meski begitu, kecerdasan anak tidak hanya ditentukan oleh asupan nutrisi, tapi juga faktor lainnya seperti stimulasi, kesehatan, dan lainnya.

3. MEMPERTAJAM PENGLIHATAN ANAK
DHA yang terdapat pada minyak hati ikan kodbermanfaat untuk mempertajamretina mata anak, sehingga fungsi penglihatannya bisa lebih optimal. Mata sendiri adalah jendela tubuh untuk kemudian meneruskan stimulus ke otak. Jadi kalau anak melihat benda tertentu bagaimana responsnya itu tergantung dari retinanya. Nah, ketajaman mata menangkap suatu objek dan meneruskannya jadi respons di otak dipengaruhi oleh unsur DHA ini. Selain itu, minyak hati ikan kod juga kaya vitamin A, sedangkan vitamin ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Riset di BristolUniversity mengungkapkan, minyak hati ikan kod bermanfaat untuk meningkatkan visual otak dan perkembangan anak-anak.

4. MENYEHATKAN JANTUNG
Unsur EPA pada minyak hati ikan kod juga berperan terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sebuah penelitian di Italia menyebutkan, risiko mati mendadak akibat penyakit jantung bisa ditekan hingga separuhnya jika seseorang mengonsumsi suplemen minyak hati ikan kod setiap hari.

5. MENURUNKAN RISIKO DIABETES
Riset lain menjelaskan, kemampuan suplemen minyak hati ikan kod untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses glukosa hingga 70%. Ahli riset Lousiana State University itu mengatakan, minyak hati ikan kod dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

FOTO : Nakita

Produk Terkait: Vidoran growvidoran totalcare vidoran multivitamin