Ini Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya Tahan Tubuh atau imunitas adalah kemampuan tubuh dalam melawan kuman/virus penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh sehingga yang bersangkutan (anak) tidak menjadi sakit. Yang menarik diketahui Bun, ternyata sistem kekebalan tubuh manusia  memiliki dua benteng  pertahanan. Yang pertama imunitas  yang dibawa sejak lahir dan yang kedua, imunitas yang didapatkan sepanjang perjalanan hidupnya. Karena pengalaman hidup manusia berbeda-beda, maka sistem imunitas yang kedua ini tidak sama pada setiap orang

Sebagai benteng terdepan, tubuh dijaga oleh sistem imunitas  bawaan sejak lahir, seperti air liur, asam lambung, dan sel darah putih yang ada di dalam tubuh manusia. Nah, jika bibit penyakitnya masih lolos, benteng kedua (sistem imunitas yang didapat sepanjang perjalanan hidup) mulai beraksi.

Benteng yang kedua ini didapat tubuh melalui berbagai cara, diantaranya adalah transfer kekebalan dari ibu kepada bayinya saat masih di dalam kandungan, melalui proses menyusui,  vaksinasi, atau kekebalan tubuh yang didapat setelah menderita penyakit tertentu. Imunitas yang didapat secara aktif akan membentuk sel memori sehingga kapan pun kuman yang serupa datang lagi, tubuh mampu mengenali dan membasminya dengan baik. Itulah mengapa kita perlu memberikan vaksinasi pada anak-anak kita.

MENINGKATAN DAYA TAHAN TUBUH

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, caranya adalah dengan hidup sehat: cukup istirahat, cukup olahraga, vaksinasi yang diberikan sesuai jadwal, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Makanan bergizi seimbang mencakup makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin, mineral). Sumber karbohidrat adalah nasi, kentang, jagung, gandum, umbi-umbian, dan lainnya. Protein didapat dari daging, telur, ikan, dan sebagainya. Lemak didapat, antara lain dari susu, keju, mentega atau daging berlemak. Sedangkan sayur-sayuran dan buah-buahan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Supaya gizi seimbang tercapai, pemberian makan pada anak dilakukan 5 kali sehari dengan 3 kali makan utama dan 2 kali camilan di antara dua waktu makan utama. Porsi makanan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Penting, variasikan menu makanan sehingga anak mendapatkan seluruh zat gizi dan sajikan makanan dengan menarik sehingga anak lahap menyantap makanan yang disajikan.

SUSU MINUMAN BERGIZI

Si kecil pun disarankan untuk minum segelas susu setiap hari. Susu merupakan minuman bergizi dan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Susu Vidoran Xmart, misalnya, mengandung 12 vitamin, 8 mineral, inulin, EPA, DHA, dan lainnya. Namun yang terpenting Susu Vidoran Xmart mengandung Minyak Hati Ikan Cod. Ini bukan minyak ikan biasa, tetapi minyak yang diambil dari hati ikan Cod. Makanan ikan Cod adalah pitoplankton yang kaya omega-3. Ikan Cod hidup di laut yang sangat dalam sehingga aman dari kontaminasi zat berbahaya. Minyak hati ikan Cod bermanfaat untuk mendukung pembentukan retina mata dan pertumbuhan anak, membantu mengoptimalkan kecerdasannya, serta tentu meningkatkan daya tahan tubuh buah hati.

Selain itu, kandungan Inulin-nya yang merupakan serat pangan larut berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna sehingga daya tahan terjaga. Dan Asam Linoleat yang merupakan asam lemak essensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Siap meningkatkan daya tahan tubuh anak?