Penuhi Gizi untuk Pertumbuhan Tulang Si Kecil

Untuk tumbuh kembang anak yang sempurna, pastikan semua kebutuhan gizi si kecil terpenuhi. Khusus untuk pertumbuhan dan kesehatan tulangnya, kebutuhan sejumlah mikronutrien (vitamin dan mineral) wajib dipenuhi. Asupan apa saja yang diperlukan anak? Berikut di antaranya.

Kalsium. Dibutuhkan tubuh untuk sejumlah fungsi seperti membangun dan memelihara tulang, gigi, dan irama jantung. Sebanyak 99% kalsium dalam tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi. Sisanya, tersebar dalam darah dan jaringan lain. Sumber kalsium di antaranya susu, keju, dan brokoli.

Magnesium. Berperan dalam lebih dari 325 sistem enzim dalam tubuh yang mengendalikan ribuan interaksi kimiawi. Magnesium penting untuk kesehatan tulang dan berperan untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Sumber magnesium antara lain kacang almond, biji bunga matahari, ikan tuna, dan pisang.

Vitamin D. Berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan bersama dengan magnesium membantu penyerapan kalsium secara maksimal. Sumber Vitamin D antara lain salmon, belut, susu.

Fosfor. Berperan sebagai penunjang kesehatan gigi dan tulang. Fosfor yang memadai akan menguatkan struktur tulang saat dibangun. Fosfor terdapat di dalam yogurt, susu, telur.

Foto: Shutterstock