Q

Resti
Assalamualaikum, dok saya mau tanya nii anak saya awal nya ASI tapi pas sudah 3bln an ASI saya berkurang. Mau saya bantu pake sufor, tapi yg cocok apa ya Dok.

A

dr. Nati
Dear Bunda Resti,

Sebagai pejuang ASI, Bunda dapat terus berusaha sebisa mungkin untuk memberikan ASI bagi si kecil setidaknya hingga Si Kecil berusia 6 bulan. Bunda juga perlu makan makanan bergizi untuk membantu produksi ASI, seperti: ikan, daging, telur, ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan, beras merah, susu (rendah lemak), dan minum air putih minimal 2L/hari. Jangan terlambat memperkenalkan MPASI ketika bayi berusia 6 bulan untuk menghindari terjadinya risiko alergi.

Berikut beberapa tips untuk meilih sufor yang tepat bagi Si Kecil:
- Pilihlah sufor berbasis susu sapi terlebih dahulu, sambil memperhatikan tanda-tanda apabila Si Kecil punya alergi terhadap susu sapi atau intoleransi lakstosa, seperti: ruam, bintik merah, gatal pada kulit, kembung, diare, muntah, lesu, rewel, hingga BAB berdarah.
- Pilihlah sufor berdasarkan usia. Kandungan protein dan komposisi nutrient di dalam sufor sudah disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan Si Kecil, maka penting untuk memberikan sufor sesuai dengan usianya.
- Pilihlah sufor yang rendah gula. Cek pada label kemasan kandungan karbohidrat, terutama gula dan sukrosa.
- Cek tanggal kadaluarsa produk sebelum membeli. Pastikan tanggal kedaluwarsa masih jauh dan produk masih tersegel dengan baik untuk memastikan kualitas susu terjaga.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.