Q

Lila
Bayi saya umur 6bln.. Baru 3hari coba minum sufor vidoran my baby... Skrng perutnya kembung... Apa ini tanda2 tidak cocok atau gimana ya dok??? Tapi bayi saya doyan ama sufor nya dan gak rewel...

A

dr. Nati
Dear Bunda Lila,

Halo Bunda, hal ini normal terjadi pada balita, namun menimbulkan rasa tidak nyaman pada Si Kecil. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab perut si kecil kembung, misalnya:
1. Intoleransi laktosa: terjadi karena tubuh kerkurangan enzim laktase yang dapat memecah gula laktosa yang terdapat dalam susu, sehingga gula tersebut difermentasi oleh bakteri pencernaan yang menghasilkan gas dan membuat perut kembung. Laktosa juga terdapt pada produk olahan susu, seperti keju, yoghurt, dan es krim.
2. Alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu: protein beta-kasein merupakan protein utama yang terkandung dalam susu sapi yang dapat menyebabkan alergi. Pencernaan yang sensitif terhadap protein ini dapat mengalami kembung, sakit perut, maupun diare.
3. Susu terkontaminasi: pastikan cek tanggal kadaluwarsa, simpan sesuai dengan petunjuk penyimpanan. Buat susu dengan air panas dan wadah yang steril. Susu yang telah dilarutkan harus habis dalam waktu 2 jam.
4. Cara menyusu yang kurang tepat: posisikan kepala bayi lebih tinggi saat menyusu agar susu cepat turun dan udara sendawa lebih mudah keluar. Pilihlah botol dan dot yang tepat sehingga aliran susu tidak terlalu cepat atau lambat untuk menghindari Si Kecil menelan banyak gas.
5. Sensitif terehadap zat makanan tertentu: makanan MPASI baik diberikan ketika bayi memasuki usia 6 bulan. Namun, beberapa jenis zat makanan dapat menimbulkan gas berlebih pada si kecil, misalnya sawi, kol, kembang kol, dan kacang-kacangan. Bunda dapat memberikan 1 jenis makanan MPASI dan mengamati apabila si kecil sensitif terhadap jenis makanan tersebut.

Kebanyakan susu formula berbahan dasar susu sapi yang mengandung laktosa, apabila Si Kecil tidak memiliki intoleransi, seharusnya mengganti merek susu tidak menimbulkan risiko ini. Bagi yang memiliki intoleransi, dapat mencoba alternatif susu formula berbahan soya. Bayi membutuhkan waktu adaptasi saat mengganti jenis susu sekitar 3-5 hari. Coba berikan susu secara bertahap dengan mencampur susu lama dan barunya.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.