Q

Elvy
Saya mau menanyakan takaran saji susu vidoran 0 6 utk bayi sy usia 4bulan? Karna semenjak minum vidoran . Pup nya seperti kesulitan dan mengejan keras padahal pupnya teksturnya sama seperti biasa nya

A

Dear Bunda Elvy,

Konstipasi adalah konsistensi feses yang keras. Bunda tak perlu panik, karena konstipasi merupakan hal yang cukup sering terjadi pada bayi dan anak-anak dikarenakan jadwal BABnya yang belum teratur atau pergerakan ususnya yang lebih lamban dari normal. Ada kemungkinan susu formula juga dapat menyebabkan kotoran menjadi lebih keras dan padat. Amati tanda-tanda konstipasi pada si kecil, seperti: BAB kurang dari 2 kali per minggu, kesulitan/ mengejan saat BAB, perut terasa keras, dan perdarahan saat BAB.

Untuk mengatasi sulit BAB bunda dapat mencoba hal berikut:
• Memastikan si kecil cukup mendapat cairan yang diperoleh dari susu. Bunda dapat menyusui setiap 2 jam sekali.
• Bayi yang kurang aktif atau sedikit bergerak dapat memperlambat kerja usus. Bunda dapat melakukan pijitan lembut pada bagian perut si kecil, mengajaknya bermain, maupun menggerakan bagian tubuhnya ketika ia berbaring.
• Mandikan si keciil dengan air hangat untuk membuatnya rileks dan saluran pencernaan bekerja lebih baik
Sejak usia 6 bulan ke atas, mulai perkenalkan si kecil dengan MPASI. Makanan sehat seperti buah dan sayuran juga mengandug banyak serat yang dapat membantu kelancaran sistem pencernaan. Apabila konstipasi berlanjut, segera periksakan si kecil ke dokter anak.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.