Q

Kurniasih
dokter knpe anak saya engga mau makan nasi,,pngn minum susu mulu knpe ya

A

dr. Nati
Dear Bunda Kurniasih,

Pemberian susu pada anak usia di atas 1 tahun, baik ASI ataupun susu lainnya pada Si Kecil tidak utama, karena hanya boleh diberikan maksimal 30% dari total kebutuhan kalori dan 70% sisanya seharusnya berupa makanan padat dengan gizi seimbang. Sehingga pemberian susu untuk pemberian susu untuk anak usia 1 tahun sekitar 250 mL setiap kali pemberian. Diberikan sebanyak 2-3 kali sehari. Jika Si Kecil mengonsumsi dairy products seperti keju, yoghurt, atau lainnya, konsumsi susu sapi bisa dikurangi.

Usahakan agar Si Kecil untuk minum air putih dan tawarkan cemilan sehat di luar jam makan apabila ia lapar. Cemilan yang dapat disiapkan seperti: buah potong, biskuit rendah garam, yogurt, keju, sayuran rebus dengan saus homemade (tomat, labu kuning, kacang merah, yogurt, cream cheese & madu). Buatlah pola makan teratur untuk Si Kecil anda sehingga ia dapat mengurangi minum susu.

Beberapa hal berikut dapat dilakukan apabila Si Kecil anda susah makan:
1. Buatlah jam makan yang teratur setiap hari. Pastikan Si Kecil tidak terlalu banyak ngemil atau minum susu, sehingga dapat makan dengan teratur sesuai jam yang ditentukan. Jangan paksakan ia untuk makan di luar jam makan atau ketika dia tidak lapar. Pada dasarnya, anak-anak dapat mengukur dirinya apabila dia merasa kenyang atau lapar.
2. Tidak menyerah ketika Si Kecil menolak untuk makan makanan rasa baru. Bunda mungkin perlu memperkenalkan 1 jenis rasa hingga lebih dari 10 kali kepada Si Kecil sebelum dia dapat memutuskan untuk menyukai makanan tersebut. Si Kecil mungkin merasa asing dengan jenis makanan baru mereka dan Bunda perlu bersabar untuk membiasakan mereka dengan rasa makanan tersebut. Banyak orang tua yang menyerah ketika anak menolak makanan dalam dua atau tiga kali.
3. Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan. Ajaklah Si Kecil untuk makan bersama pada saat jam makan sehingga ia dapat mengamati makanan yang dimakan orang lain. Hal ini dapat merangsang rasa ingin tahunya sehingga mau untuk mencoba makanan baru. Bunda dapat menjadi contoh yang baik untuk membiasakan Si Kecil makan sendiri ketika semua orang makan bersama dan waktu makan pun akan menjadi lebih menyenangkan bagi mereka. Pastikan Bunda membatasi waktu makan anak, tidak lebih dari 30 menit.
4. Bunda dapat menawarkan cemilan sehat kepada Si Kecil, namun ketika Si Kecil terlalu banyak ngemil, maka saat jam makan ia akan merasa kenyang sehingga sulit makan. Cemilan tidak sehat juga tinggi gula dan kalori, sehingga tidak baik untuk kesehatan mereka. Batasi cemilan hingga 2 kali sehari, yaitu 1-2 jam diantara jam makan.
5. Bunda dan Si Kecil dapat berekperimen dengan makanan. Siapkan makanan dengan aneka bentuk dan warna menarik yang terbuat dari sayur maupun buah, lalu hiaslah piring si kecil sehingga menarik untuk dimakan.

Semoga jawaban ini membantu ya, Bunda.