Q

Evrista Nenggar Prehapsari
Adakah solusi selain jahe dan jeruk yg bisa mengurangi mual dan muntah di masa kehamilan?sy hamil 9 Minggu dan mual2, bbrp kali muntah dan sering pusing serta lemas. Sy mencoba minum jahe& jeruk hanya sementara meredakan mual, sy coba minum air putih, yg ada sy tambah mual bahkan muntah. Sedangkan sy memiliki usaha yg agak terbengkalai akibat hal tsb. Mohon info dan bantuannya.. terimakasih

A

Dear Bunda Evrista,

Mual dan muntah ketika hamil trimester awal disebabkan hormon kehamilan yang muncul dan meningkat hingga 13-14 minggu, setelah itu berangsur akan menurun kadarnya dan mual mereda. Menjadi tidak wajar jika kondisi mualnya disertai muntah-muntah hebat dan mengganggu aktifitas harian. Banyak minum air putih selain dapat membantu terhindar dari kondisi dehidrasi, juga menyebabkan banyak buang air kecil, kondisi ini dapat meredakan mual muntah karena hormon penyebab mual tersebut dibuang melalui urin.

Konsumsi Jahe juga dpt mengurangi mual muntah, yang juga tidak kalah penting adalah pemilihan makan, hindari makanan yang dpt menstimulasi asam lambung berlebihan, karena dikhawatirkan kondisi mual muntah dapat diperberat akibat maag/peningkatan kadar asam lambungnya. Jika kondisi klinis dinilai perlu, maka dokter akan berikan obat mual agar keluhan dapat lekas mereda dan bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.