Q

Rubi agustin
Assalamualaikum dok ,saya mau bertanya ,,semoga pertanyaan saya ini dijawab oleh dokter Sedikit crita anak saya sedari mulai mp asi sampe sakarang umurnya 6 thn 4 bulan ,dia itu paling susah sekali makan ,,susu formula juga gak doyan ,tapi dia doyannnn baget sama susu UHT apa aja yg penting rasa coklat. ,buah juga tidak begitu suka Kalo makan sukanya cuma sayur bening seperti bayam,wortel, labu siyam , lauknya ayam,tempe ikan lele sama telor kecap ,,itu aja Boleh apa tidak y dok kalo anakku minum susu Uht sehari 2 kali ,tp ttp diimbangi makan sayur dan ikan ..??? Terima kasih ????

A

Halo, Bunda Rubi!

Waalaikumsalam. Kebutuhan gizi anak diatas 6 tahun wajib diisi oleh makronutrien yaitu dari karbohidrat, protein dan lemak, serta mikronutrien yaitu dari vitamin dan mineral. Pemberian susu bisa dibatasi 1x sehari, selebihnya ya dari makanan padat.

Untuk anak yang suka pilih-pilih makanan, pertimbangkan untuk buat variasi makanan. Tidak harus bentuk nasi sayur, misalnya seperti macaroni dengan tambahan potongan daging, jamur atau bahan lainnya. Dan yang paling penting orang tua juga harus menerapkan aturan makan dan memberi contoh yang sesuai untuk anak.


Semoga informasinya membantu, ya. Terima kasih.