Q

Irna Fitriana
Assalamu'alaikum dok.Perkenalkan saya Irna dari Tangerang.Anak saya sekarang usia nya 18bln lebih.Dari Newborn anak saya ini double asi+sufor , tetapi minum asi nya hanya sampai usia 6-7bln saja.Kebetulan juga anak saya sufor nya pakai merk dari Frisian flag.Sekarang pakai yg Frisian flag Primagro 1-3th.Tetapi saya ingin mengganti susu nya dengan vidoran xmart.. sebab sepertinya dengan susu Frisian flag ini anak saya badan nya Kurang berisi walaupun anaknya kuat salam minum sufor .Sekarang pun kebetulan anak saya lagi susah makan dan hanya memiliki berat badan 9,3kg .Sudah saya kasih makanan apapun anaknya nolak apa lagi dengan nasi .Cuma mau buah seperti melon , pepaya , alpukat dan pisang.Lalu dia hari yg lalu baru saya kasih susu vidoran xmart ini dok .. reaksi nya tidak ada masalah dan pup nya pun cuma sekali sehari gak kaya Frisian flag bisa 3x dalam sehari pup nya normal . Hanya saja jika pup selalu ngejan tapi tidak berdarah dan anaknya tidak nangis.Apakah itu normal dok? Dan berikan saran juga untuk vitamin agar anak saya ini mau makan lagi dok ????????

A

Dear Bunda Irna,

Jika anak sudah berusia 18 bulan artinya kebutuhan nutrisi 70% harus dipenuhi dari makanan padat dan 30% dipenuhi dari makanan cair atau susu. Pertimbangkan jika BBnya sulit naik itu akibat kebutuhan nutrisi dari asupan padatnya berkurang. Sebaiknya perbaiki dari yang feeding rules dan berikan makanan sama seperti orang dewasa dan memberikan makanansumber protein hewani yang cukup pada anak.

Jika masih belum bisa naik dengan adekuat berat badannya, maka pertimbangkan untuk konsultasikan ke dokter spesialis anak terdekat.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.