1000 HPK dimulai Sejak Si Kecil dalam Kandungan Ini Tips untuk Bumil

1000 HPK atau 1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan fase kehidupan yang begitu penting. Pada periode ini fondasi kesehatan dan tumbuh kembang seorang anak dibentuk dan akan memengaruhi sepanjang hidupnya. Ini adalah masa ketika otak, tubuh, dan sistem kekebalan berkembang secara signifikan.

Periode 1000 HPK terhitung semenjak janin dalam kandungan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). Kegagalan menyediakan nutrisi penting selama periode kritis 1000 HPK ini dapat mengakibatkan defisit seumur hidup pada fungsi otak.

Selama kehamilan, pola makan bumil adalah satu-satunya sumber nutrisi untuk pertumbuhan janin. Keseimbangan nutrisi adalah kunci untuk memastikan otak si Kecil berkembang dan membentuk fondasi yang kuat untuk kehidupan selanjutnya.

Meskipun semua nutrisi diperlukan, namun ada nutrisi-nutrisi utama yang mendukung perkembangan otak, seperti asam folat, zat besi, iodium, kolin, dan asam lemak omega.

Berikut beberapa tips untuk memenuhi nutrisi-nutrisi tersebut  agar janin tumbuh sehat dan cerdas:

Asam folat

Konsumsi suplemen harian asam folat yang mengandung 400 hingga 800 mcg dimulai setidaknya satu bulan sebelum konsepsi. Asam folat berguna untuk membantu mencegah cacat tabung saraf. Bumil juga harus mengonsumsi makanan kaya folat, seperti sayuran hijau tua dan kacang-kacangan.

Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting untuk mendukung otak janin yang sedang berkembang dan membantu menjaga pasokan oksigen yang sehat dalam darah bumil. Ada dua jenis zat besi. zat besi heme yang ditemukan dalam makanan sumber hewani (seperti daging merah atau ayam) dan zat besi non-heme yang ditemukan dalam sumber nabati (seperti bayam, brokoli, kacang merah.

Iodium

Iodium penting untuk perkembangan neurokognitif  janin. Bumil bisa mendapatkan Iodium dari telur, makanan laut, garam beryodium, dan poduk susu yang dilengkapi Iodium seperti vidoran Ibunda.

Kolin

Mendapatkan cukup kolin dalam kehamilan penting karena membantu otak dan sumsum tulang belakang janin berkembang dengan baik dan dapat melindungi si Kecil yang masih dalam kandungan dari cacat tabung saraf. Kelompok makanan kaya kolin adalah daging, telur,  kacang-kacangan, dan seafood.  

Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan bahan penting penyusun otak dan retina janin. Contoh makanan tinggi asam lemak omega-3 adalah ikan kod, rami, biji chia, kenari, dan minyak hati ikan kod.

Untuk mendapatkan semua nutrisi di atas, Bunda bisa menikmati berbagai macam makanan yang sehat dan melengkapinya dengan susu vidoran Ibunda.

Susu vidoran Ibunda adalah susu Ibu Hamil yang dilengkapi berbagai nutrisi seperti asam folat, zat besi, iodium, asam lemak omega-3, dan kolin untuk membantu si Kecil dalam kandungan berkembang sehat dan cerdas di masa 1000 HPK.

Susu vidoran Ibunda juga merupakan susu Ibu Hamil pertama dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Vitamin C, D3, E, Zink, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Protein, Inulin. Dengan minum susu vidoran Ibunda, Bunda akan merasa lebih tenang karena tahu telah memberikan asupan terbaik bagi si Kecil.

                       

Sumber:

https://health.gov

ARTIKEL TERKAIT