3 Kebiasaan Sederhana ini Bisa Bantu Maksimalkan Pertumbuhan Fisik Anak

Pada periode golden age, si Kecil tumbuh begitu pesat. Mereka harus memiliki energi dan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang cepat.

Pada masa ini, lempeng pertumbuhan membuat tulang-tulang baru sehingga si Kecil pun menjadi lebih tinggi.

Tentu, faktor utama yang memengaruhi tinggi badan anak adalah genetik. Ini berarti, orang tua yang tinggi cenderung memiliki anak yang juga tumbuh menjadi tinggi.   Namun, ada beberapa faktor yang menurut penelitian dapat meningkatkan atau mengurangi pertumbuhan tinggi anak, yaitu kecukupan tidur, olahraga, dan asupan nutrisinya, berikut penjelasannya:

Tidur yang cukup

Ketika si Kecil tidur nyenyak, tubuhnya melepaskan hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, termasuk untuk pertumbuhan tinggi badannya. Tidur yang cukup juga akan membantu memberi anak lebih banyak energi dan berkonsentrasi lebih baik saat beraktivitas di pagi hari.

Berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan tinggi badan  anak. Yang dimaksud olahraga untuk anak di sini bukanlah olahraga, seperti tenis, bulu tangkis, dan sebagainya. Olahraga berupa peregangan sederhana atau bahkan bermain aktif, seperti berlari, bersepeda, memanjat, dan sebagainya sudah cukup baik bagi anak untuk tetap menjaga kebugarannya dan mendukung pertumbuhan fisiknya.

Asupan bernutrisi

Nutrisi memainkan peran penting dalam pertumbuhan fisik si Kecil. Anak yang kurang gizi, pertumbuhannya belum tentu setinggi anak yang asupan gizinya terpenuhi. Ahli menyarankan anak-anak untuk makan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang.  Untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan fisiknya, mereka juga perlu dibiasakan memiliki jadwal 3 kali makan utama dan 2 kali camilan sehari.

Semua ini juga berlaku untuk anak-anak yang sulit makan. Mereka tetap perlu diperkenalkan keberagaman makanan dan jadwal makan yang teratur.  Untuk menyempurnakan gizi si Kecil, Bunda dapat memberikannya  vidoran Xmart 3+.

vidoran Xmart 3+ merupakan susu pertumbuhan pertama dengan imunUp yang diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Sumber Protein, Sumber 12 Vitamin dan 6 Mineral untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan fisik anak. Keunggulan vidoran Xmart 3+:

  • Cod liver oil merupakan minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan Otak, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak.
  • FOS–Inulin merupakan serat pangan larut yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak.
  • Asam lemak esensial (asam linoleat) berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Sumber protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Nah, semoga anak dapat mencapai pertumbuhan fisik maksimalnya!

Sumber:

www.medicalnewstoday.com

ARTIKEL TERKAIT