4 Tips Jaga Kehamilan Sehat yang Jarang Diketahui Bumil

Bunda, salah satu cara menjaga kehamilan tetap sehat adalah dengan penambahan berat badan yang tepat. Ini kerap dilupakan karena kehamilan identik dengan kewajaran menjadi agak gemuk.  Kehamilan tentu akan membuat berat badan (BB) bumil naik, tapi idealnya harus tetap terkendali, yakni sekitar 11,5-16 kg untuk total kenaikan seluruh trimester.

Penambahan berat badan dalam batas yang sehat akan membantu janin tumbuh ke ukuran yang normal sehingga persalinan bumil menjadi lebih mudah. Penelitian juga menunjukkan kenaikan berat badan dalam batas wajar dapat menurunkan risiko bumil dan si Kecil mengalami obesitas di kemudian hari.

Sebaliknya, penambahan BB yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, tak hanya bagi bumil namun juga si Kecil yang masih dalam kandungan. Contoh, meningkatkan risiko diabetes gestasional (diabetes selama kehamilan) dan tekanan darah tinggi pada bumil dan risiko obesitas pada anak kelak.

Lalu bagaimana agar berat badan Bunda selama hamil ini tetap terkendali? Berikut 4 tips yang bisa Bunda langsung terapkan hari ini juga:

Mulailah rutinitas berjalan kaki

Salah satu olahraga paling mudah namun sangat bermanfaat bagi bumil adalah berjalan kaki.  Untuk awalnya gampang, kok, cukup 10 menit sehari. Setelah itu, bumil disarankan untuk menambahkan 10 menit lagi setiap 30 hari, sehingga pada akhir trimester pertama bumil mampu berjalan 30 menit setiap hari.  Selain membuat sehat, jalan kaki juga akan membantu menjaga berat badan bumil tidak berlebihan.

Pastikan sarapan setiap pagi

Penelitian menunjukkan melewatkan sarapan dapat menyebabkan bumil mengemil makanan berkalori tinggi di siang hari dan membuat bumil jadi kurang aktif bergerak.   Penelitian juga mencatat, bumil yang makan sarapan sehat cenderung tidak kelebihan berat badan dan memiliki risiko lebih rendah terkena masalah kesehatan, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

Pilih karbohidrat kompleks

Karbohidrat sederhana, seperti roti putih dan nasi bisa meningkatkan gula darah tanpa memberi banyak nutrisi.  Karena itulah karbohidrat kompleks, seperti beras merah dan roti gandum, lebih disarankan bagi bumil. Karbohidrat kompleks tidak hanya memberi bumil dan janin lebih banyak nutrisi, tetapi akan membantu bumil merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

Minum susu vidoran Ibunda

Susu vidoran Ibunda merupakan susu Ibu Hamil pertama dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Vitamin C, D3, E, Zink, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Protein, Zat Besi, Asam Folat, Inulin yang dibutuhkan selama kehamilan sehingga Ibu dapat memberikan asupan terbaik bagi calon buat hati sejak di dalam kandungan.

Susu vidoran Ibunda juga susu ibu hamil pertama dengan rasa vanilla kacang hijau.

Seperti Bunda ketahui, kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang dibutuhkan untuk menghindari risiko bayi lahir cacat. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada kacang hijau juga dapat memberikan energi pada ibu hamil sekaligus membuat bumil kenyang lebih lama.

Nah, semoga kehamilan Bunda sehat dan lancar, ya!

Sumber:

www.niddk.nih.gov

ARTIKEL TERKAIT