5 Tips Bikin Sahur Si Kecil Makin Lahap

Bulan Ramadhan memang menjadi tantangan buat Bunda. Tidak hanya membuat anak menjadi lebih religius, tetapi melatih anak melaksanakan ibadah puasa dengan benar. Tidak kalah penting, buda harus melatih anak untuk tertib sahur dan menjaga nafsu makannya agar tetap tinggi. Pasalnya, membangunkan anak lebih dini di pagi buta butuh usaha ekstra. Apalagi, gairah makan juga sedang turun.

Nah, untuk membuat anak tetap bergairah dan lahap saat sahur dibutuhkan sedikit tips. Berikut 5 hal yang bisa Bunda lakukan.

1. Ceritakan kebaikan sahur kepada anak
Makan saat sahur memiliki beberapa keutamaan yaitu anak akan mendapatkan pahala serta membuatnya kuat berpuasa seharian. Buat lebih mudah dengan membangunkan anak untuk makan sahur di penghujung waktu, sehingga sahur terasa lebih ringan. Ceritakan hal ini agar anak Bunda lebih bersemangat saat sahur.

2. Berikan makanan atau minuman pembuka kesukaan anak
Untuk membangkitkan selera makan, sebaiknya Bunda memberi makanan ringan sebagai pembuka. Tujuannya, agar anak Bunda semakin semangat melahap makanan utama.

3. Bikin kegiatan yang menyenangkan saat sahur
Bunda yang perhatian pasti mempelajari kebiasaan anak dan memahami karakter si buah hati. Ajak anak Bunda untuk melakukan hal-hal menyenangkan saat sahur, misalnya sambil menonton tayangan kartun favoritnya.

4. Jangan tidur terlalu larut
Sebelum Ramadhan, latihlah anak Bunda untuk tidur lebih awal, paling lambat sekitar jam 9 malam. Otomatis anak Bunda akan terbiasa bangun pagi hari. Saat anak shaum, Bunda tidak akan kesulitan membangunkannya 30 menit sebelum sahur.

5. Hindari makan berlebih saat berbuka
Euforia berbuka puasa membuat si kecil melahap semua makanan. Bunda mesti menjaga ritmenya, agar sang buah hati tak terlalu banyak mengonsumsi makanan hingga malam. Untuk itu,  Bunda sebaiknya mengatur asupan makanan agar tidak terlalu kenyang. Agar si kecil tidak kesulitan menyantap menu makanan sahur yang telah tersedia.

ARTIKEL TERKAIT