Alergi Susu Sapi Anak Bisa Sembuh?

Bunda pasti khawatir jika si Kecil alergi dengan susu sapi. Sebagai minuman yang kaya nutrisi, susu dibutuhkan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Kabar baiknya, menurut penelitian ada penderita alergi susu sapi yang bisa sembuh.  Studi menunjukkan sebagian besar anak yang menderita alergi susu sapi IgE non-mediated (yang tidak diperantai IgE) akan mengatasi alergi susu sapi pada saat berusia 3 tahun. Sementara setengah dari penderita alergi susu IgE mediated (yang diperantai IgE) akan mengatasi alergi susu sapi pada saat mereka berusia 5 tahun. *

IgE merupakan singkatan dari Imunoglobulin E. Ini adalah antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh. Lalu bagaimana kita tahu anak menderita alergi susu IgE mediated atau non-mediated IgE? Umumnya dokter akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui ini. Namun Bunda juga bisa melihatnya dari reaksi alergi susu yang muncul.

Reaksi alergi susu yang diperantai IgE biasanya muncul cepat atau segera setelah anak mengonsumsi susu. Sedangkan alergi yang tidak diperantai IgE memiliki reaksi lebih lambat (bahkan hingga 48 jam lebih). Berikut perbedaan gejala yang muncul:

Gejala yang diperantai IgE (muncul segera)

  • Reaksi kulit:

Gatal, kemerahan pada kulit, pembengkakan paling sering pada bibir, wajah, dan sekitar mata.

  • Reaksi organ pencernaan

Pembengkakan di bibir, lidah, atau langit-langit mulut, gatal di mulut, mual, muntah, sakit perut kolik, atau diare.

  • Reaksi pernapasan

Hidung gatal, bersin, pilek, hidung tersumbat, batuk, mengi, atau sesak napas

Gejala yang tidak diperantarai IgE (muncul tertunda)

  • Reaksi kulit

Gatal, kemerahan pada kulit, atau eksim

  • Reaksi gastrointestinal

Diare, ada darah pada tinja, sakit perut, kolik, sembelit, anak menolak makanan anak tampak kelelahan.

  • Reaksi pernapasan

Batuk, mengi, atau sesak napas.

Namun, sekali lagi, penegakkan diagnosis alergi susu sapi akan dilakukan oleh dokter. Jadi bila Bunda mencurigai si Kecil menderita alergi susu sapi, segeralah berkonsultasi pada dokter.

Prinsip utama ketika anak menderita alergi susu sapi adalah mereka perlu menghindari segala bentuk produk susu sapi. Bila Bunda mengkhawatirkan gizi anak tidak optimal karena tidak minum susu, pastikan memberikan si Kecil nutrisi yang seimbang dan bergizi serta mengganti susu sapi dengan vidoran Xmart Soya 1+

vidoran Xmart Soya 1+  merupakan formula soya yang terbuat dari Isolat Protein Soya dan Bebas Laktosa sehingga nyaman bagi pencernaan si Kecil yang tidak cocok susu sapi.  Tidak hanya itu, vidoran Xmart Soya 1+ dilengkapi formula imunUp dengan Cod Liver Oil, tinggi vitamin C, D3, Zink, Omega 3 & 6, dan vitamin mineral lainnya sehingga Bunda tidak perlu mengkhawatirkan lagi gizi si Kecil. vidoran Xmart Soya 1+ memiliki nutrisi sebaik susu sapi dan dapat membantu meningkatkan daya tahan, perkembangan otak, dan tumbuh kembang si Kecil secara optimal. 

Semoga si Kecil bisa mengatasi alergi susu sapinya ya!

Sumber:

*www.webmd.com

ARTIKEL TERKAIT