Bikin Bumil Kuat Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Menjelang Melahirkan

Melahirkan bisa menjadi pengalaman luar biasa bagi Bunda. Namun proses bersalin tidak selalu mudah dan membutuhkan banyak energi. Jumlah energi ketika melahirkan diyakini tidak jauh berbeda dari lari maraton. Bila pelari maraton menyiapkan nutrisi mereka jauh sebelum lomba, bumil pun harusnya sama. Mengonsumsi kalori yang cukup akan sangat membantu kelancaran proses bersalin.

Penelitian di jurnal Kebidanan & Ginekologi menunjukkan bahwa calon ibu yang makan selama persalinan mengalami waktu persalinan yang lebih singkat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan. Meskipun penelitian ini tentang makan selama persalinan, manfaatnya masih berlaku untuk makan menjelang melahirkan.

Beberapa nutrisi penting yang harus diperhatikan Bunda menjelang melahirkan adalah:

Karbohidrat

Memberi energi saat bersalin sehingga bumil kuat untuk mengejan.

Protein

Membuat bumil rasa kenyang lebih lama sehingga proses melahirkan lebih lancar tanpa perlu  diganggu rasa lapar.

Rendah lemak

Makanan rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko sakit perut.

Serat rendah

Meskipun serat sangat bagus untuk kesehatan, namun pada saat bersalin, serat dapat menyulitkan sistem pencernaan dan membuat perut bumil  tidak nyaman.

Makanan sederhana dan mudah didapat adalah yang terbaik saat bumil sudah merasakan kontraksi awal. Pilihlah makanan yang memberi banyak energi dan mudah dicerna. Sebisa mungkin hindari makanan tinggi lemak, berminyak, atau pedas karena bisa membuat perut bumil tidak nyaman.  Berikut contoh makanan yang baik dikonsumsi menjelang melahirkan:

Roti selai kacang

Karbohidrat dari roti akan memberi bumil energi langsung, sementara olesan tipis protein dari selai kacang akan membantu mencegah gula darah turun dan rasa lapar.

Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat yang luar biasa. Campur dengan putih telur yang ke dalam oatmeal saat dimasak. Telur tidak hanya akan memberikan tekstur oatmeal menjadi lembut, tetapi kandungan proteinnya  juga akan membantu bumil tetap kenyang lebih lama.

Buah segar

Saat air ketuban pecah dan bumil belum sempat menyiapkan makanan apa pun, sepotong buah dapat memberi  bumil energi yang cukup untuk menjalani persalinan. Pisang adalah pilihan terbaik, namun buah apa pun akan membantu memberikan energi bumil untuk mengejan, jadi makanlah yang paling bumil sukai.

Susu vidoran Ibunda.

Segelas susu vidoran Ibunda juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk memberi bumil energi menjelang melahirkan. vidoran Ibunda merupakan susu Ibu Hamil Pertama dengan Formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Vitamin C, D3, E, Zink, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Protein, Zat Besi, Asam Folat, serta Inulin.

Dengan kandungan Cod Liver Oil yang mengandung Omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami, susu vidoran Ibunda  juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, retina mata janin, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin.

Dengan minum susu vidoran Ibunda, Bunda akan merasa lebih berenergi saat bersalin sekaligus dapat memberikan asupan terbaik bagi buah hati tercinta yang akan segera dilahirkan.

Sumber:

https://www.healthline.com/

https://www.pittsburghbirthservices.com