Bumil ini Cara Menambah Berat Badan Janin

Sejak awal kehamilan, janin tumbuh dengan kecepatan yang berbeda. Pada usia kehamilan 20 minggu, misalnya, si Kecil dalam kandungan mungkin hanya memiliki panjang badan sekitar 25 cm dan berat kurang dari 315 gram, tetapi menginjak 32 minggu, panjang badannya hampir 42,5 cm dengan berat sekitar 1,7 kg. Pada usia kehamilan 33 minggu, janin bisa memiliki panjang badan lebih dari 43 cm dan berat mendekati 1,8 kg, sementara pada usia 37 minggu, mereka sudah mencapai sekitar 48 cm dan berat  2,85 kg.

Pertumbuhan janin yang diduga terlalu lambat untuk usia kehamilan, umumnya akan dipantau dengan USG. Dokter akan mengukur lingkar dan diameter kepala, lingkar perut, panjang tulang paha guna memperkirakan ukuran bayi dengan lebih akurat.

Bumil juga biasanya disarankan untuk menambah asupan makanan demi mendukung pertumbuhan berat badan janin yang masih kurang. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu menambah berat badan janin:

Ikan

Ikan sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan janin karena mengandung asam lemak Omega-3 yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak. Ikan juga mengandung protein yang penting untuk perkembangan kulit janin, rambut, otot dan sel-sel lainnya.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber vitamin C, Folat, dan vitamin B6. Buah ini juga mengandung lemak sehat yang bagus untuk ditambahkan ke dalam diet bumil.

Telur

Telur adalah sumber protein yang baik.  Telur juga kaya akan vitamin B2 (riboflavin), vitamin B12, vitamin D, selenium, dan yodium, yang berguna untuk pertumbuhan janin.

Kedelai

Bisa menjadi pengganti protein untuk bumil yang vegetarian. Kedelai juga mengandung zat besi, lemak sehat dan serat bersama dengan mineral lainnya.

Brokoli

Kaya akan vitamin B, kalsium dan mineral, sayuran ini juga membantu produksi vitamin A dalam tubuh bumil.

Buah Berry

Kaya dengan antioksidan dan vitamin C. Buah ini bisa menjadi camilan manis yang sehat dan enak untuk bumil.

Nah, siap menambah berat badan janin? Pada prinsipnya, makanan yang seimbang dan bervariasi adalah kunci untuk menambah berat badan janin. Lengkapi gizi Bunda dengan minum susu vidoran Ibunda 1-2 gelas sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda dan si Kecil dalam kandungan.

Susu vidoran Ibunda diperkaya Cod Liver Oil (Minyak Hati Ikan Cod) Asam Folat, Tinggi Kalsium, Omega 3&6, Sumber 12 vitamin dan 8 mineral yang dibutuhkan selama kehamilan sehingga dapat memberikan asupan terbaik bagi buah hati tercinta sejak di dalam kandungan dan membantu meningkatkan berat badan yang sehat pada ibu hamil. 

Sumber:

www.ckbhospital.com

ARTIKEL TERKAIT