4 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Hamil

Mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan merupakan hal yang wajar, Bunda. Namun, Bunda tetap harus mengontrol kenaikan berat badan tersebut karena peningkatan berat badan yang berlebihan bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan Bunda maupun calon buah hati.

Selain itu, kenaikan berat badan setiap ibu hamil dan melahirkan pun berbeda-beda. Hal yang penting yakni berat badan tetap aman dan sehat untuk Bunda dan janin. Berikut ada beberapa tips untuk menjaga berat badan yang sehat saat hamil!


1. Memulai Hari dengan Sarapan

Sarapan akan membantu Bunda menghindari keinginan untuk mengkonsumsi camilan yang tinggi lemak dan gula. Hal ini juga dapat membantu pola makan sehat sepanjang hari.

Tubuh kita ‘berpuasa’ saat sedang tidur, sehingga Bunda akan merasa lelah dan lapar jika tidak makan di pagi hari. Jika Bunda kesulitan mengatasi mual di pagi hari, Bunda bisa mencoba makan sesuatu seperti roti panggang kering atau biskuit tawar sebelum bangun dari tempat tidur.


2. Tetap Aktif Bergerak

Meskipun Bunda sedang hamil, tidak menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak aktif bergerak, ya. Bunda tetap bisa aktif bergerak dan tidak berlebihan untuk kesehatan Bunda maupun calon buah hati.

Melansir dari Health Hub, Bunda tetap bisa melakukan beberapa aktivitas fisik seperti jalan kaki, naik tangga, atau aerobik ringan. Tentu saja tidak terlalu berlebihan, tetapi aktif secara fisik memiliki banyak manfaat bagi Bunda dan bayi. 

Bunda juga bisa memulai dengan 15 menit olahraga dan secara bertahap tingkatkan menjadi 30 menit sehari, lima hingga tujuh hari seminggu.


3. Mengurangi Konsumsi Makanan dengan Kandungan Tinggi Lemak

Saat hamil, Bunda tentunya pernah ‘tergoda’ untuk menikmati berbagai macam kudapan seperti kue krim, pastry, hingga makanan yang digoreng. 

Namun, konsumsi makanan dengan kalori tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan selama kehamilan dan mempersulit Bunda untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh sebelum hamil seperti melansir dari Health Hub. 

Pilihlah camilan yang lebih sehat seperti makanan matang yang bukan digoreng, yoghurt rendah lemak, buah-buahan segar, sayur, atau biskuit gandum utuh.


4. Asupan Gizi Terjaga dan Berat Badan Ideal dengan Konsumsi Susu vidoran Ibunda

Bunda bisa menjaga berat badan ideal sekaligus memenuhi asupan gizi selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan atau minuman bergizi seimbang dan dilengkapi dengan susu vidoran Ibunda.

Susu vidoran Ibunda merupakan susu ibu hamil pertama dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan calon buah hati. 

Selama kehamilan, ibu memerlukan asam folat untuk mencegah bayi cacat lahir, selain itu juga memerlukan kandungan gizi seperti kalsium dan protein yang dibutuhkan untuk pembentukan janin selama dalam kandungan.

Kalsium selama kehamilan sangat penting dalam membantu membangun tulang yang kuat pada bayi yang sedang tumbuh. Selain Cod Liver Oil, kandungan formula imunUp dalam susu vidoran Ibunda terdiri dari:

  1. Cod Liver Oil, mengandung asam lemak Esensial Omega 3 (DHA & EPA) dan juga vitamin A  dan D alami yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan otak dan retina mata pada janin serta membantu menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan.
  2. Tinggi vitamin C, D3, E, Zinc vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga daya tahan Ibu selama kehamilan.
  3. DHA (Omega 3&6) untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang janin.
  4. Tinggi kalsium, zat besi, dan sumber protein untuk pembentukan tulang dan gigi, dan juga  pertumbuhan jaringan pada janin.
  5. Tinggi asam folat & inulin yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin
  6. Kandungan sukrosa dalam susu vidoran Ibunda juga rendah, sehingga kenaikan berat badan ibu akan terjaga.


Nah, itu dia beberapa cara untuk menjaga berat badan tetap ideal selama kehamilan. Jangan lupa untuk tetap memprioritaskan kesehatan Bunda dan calon buah hati, ya!


ARTIKEL TERKAIT