4 Fakta Nutrisi Otak agar Anak Cerdas

Dari semenjak kehamilan hingga anak berusia 5 tahun, otak berkembang lebih pesat dari waktu lainnya dalam hidup.  Perkembangan otak pada periode pertumbuhan emas (golden age) ini memiliki dampak jangka panjang pada kemampuan anak untuk belajar dan berhasil dalam kehidupannya kelak.

Studi menunjukkan bahwa nutrisi bergizi pada periode emas anak akan menetapkan dasar untuk kesehatan otak dan kecerdasan anak. Berikut 4 fakta nutrisi yang perlu Bunda ketahui agar anak cerdas:

  • Pembentukan otak terjadi sejak masa kehamilan

Kualitas nutrisi Bunda selama kehamilan akan memengaruhi ukuran otak bayi. Demi memastikan pertumbuhan janin optimal, termasuk pembentukan otaknya, bumil harus menambah berat badan sekitar 20% dari berat badan ideal sebelum hamil dengan mengonsumsi 300 kalori ekstra per hari, termasuk 10-12 gram protein ekstra dari makanan sehat bergizi. Lengkapi gizi bumil dengan minum susu vidoran Ibunda. Dengan kandungan Cod Liver Oil yang mengandung Omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami, vidoran Ibunda dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin, serta menjaga asupan nutrisi dan daya tahan tubuh Ibu selama masa kehamilan.

  • Perhatikan kecukupan zat besi anak

Kekurangan zat besi terkait dengan hambatan perkembangan kognitif pada anak-anak. Zat besi sangat penting untuk mempertahankan jumlah sel darah merah pembawa oksigen, yang diperlukan dalam pertumbuhan otak anak. Pastikan menyajikan anak makanan kaya zat besi, seperti daging merah, telur, brokoli, dan sebagainya. Lengkapi juga gizi anak dengan susu yang tinggi zat besi, seperti vidoran Xmart 1+

  • Pembentukan otak membutuhkan asupan lemak

Proses mielinisasi otak di awal kehidupan terjadi sangat pesat sehingga anak membutuhkan asupan yang tinggi lemak sehat, yaknisekitar 50% dari total kalori mereka. Si Kecil bisa mendapat asupan lemak sehat ini dari berbagai makanan, seperti ikan kod, alpukat, telur, kacang-kacangan. Beberapa susu, seperti vidoran Xmart 1+, juga mengandung lemak sehat.

  • Minum Susu vidoran Xmart 1+

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan agar anak cerdas, seperti asam lemak omega-3, folat, zat besi, yodium, seng, kolin, dan vitamin A, B12, dan D, semua ada dalam susu seperti vidoran Xmart 1+.

Nah, semoga si Kecil dapat tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas!

Sumber:

www.zerotothree.org