6 Buah Eksotis Bernutrisi Untuk si Kecil

Buah-buahan menjadi salah satu menu yang kerap disarankan untuk menjaga kesehatan, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Hal itu dikarenakan buah-buahan mengandung banyak sekali sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari karbohidrat hingga protein. Namun, kandungan nutrisi yang mendominasi buah-buahan adalah vitamin.

Saat ini, ada banyak sekali jenis buah yang dipajang di pasar tradisional maupun modern. Mulai dari hasil panen dalam negeri hingga impor.

Beberapa buah yang dijual di pasaran termasuk ke dalam golongan eksotis. Sebutan ini biasanya diberikan pada buah yang memiliki bentuk unik, kaya nutrisi dan hanya tersedia pada musim-musim tertentu saja.

Beberapa buah eksotis yang saat ini bisa ditemui di pasaran yaitu:

  1. Manggis
    Buah ini mengandung senyawa kimia alami yang disebut xanthone. Senyawa kimia yang terkonsentrasi di bagian kulit ini berperan penting sebagai zat antioksidan dan penguat sistem kekebalan tubuh.
     
  2. Rambutan
    Buah yang hanya ditemukan di Asia Tenggara ini berasa manis dan terdiri dari beberapa jenis. Khasiatnya yakni bisa mencegah terbentuknya kanker dan mengatasi diabetes.
     
  3. Buah naga
    Terkenal karena bentuk dan warnanya yang khas, buah naga awalnya berasal dari Amerika Tengah. Namun, saat ini buah tersebut juga banyak ditanam di Thailand dan Australia. Buah naga mengandung banyak sekali antioksidan dan vitamin C.
     
  4. Leci
    Buah asli dataran China ini kini banyak juga ditanam di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Leci mengandung senyawa polifenol, yang berfungsi sebagai antioksidan. Rasanya yang manis akan membuat si kecil ketagihan.
     
  5. Acai berry
    Buah yang bentuknya menyerupai anggur ini berasal dari hutan tropis Amazon. Keunggulan utamanya adalah kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Selain itu, Acai berry juga mengandung banyak asam amino esensial dan Omega 3.
     
  6. Goji berry
    Selain mengandung antioksidan, Goji berry juga bisa menguatkan penglihatan, menaikkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi ginjal dari beberapa racun.

Perkenalkan buah-buahan ini kepada si Kecil, sehingga pengetahuan dan pengalamannya tentang buah-buahan makin kaya dan beragam.

ARTIKEL TERKAIT