Jarang yang Tahu Kriteria Makanan Sehat untuk Anak

Penting bagi si Kecil untuk makan makanan sehat. Ini artinya dia perlu makan yang memenuhi kriteria makanan sehat, yakni makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang yang merupakan sumber karbohidrat, protein,  lemak, vitamin, serta mineral.

Bunda dapat menggunakan pedoman “Isi Piringku” yang dikeluarkan Kemenkes RI sebagai panduan umum tentang seberapa banyak karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang anak harus makan setiap hari. Namun hanya dengan melihat bagan Isi Piringku, Bunda akan langsung tahu bahwa sayuran dan buah-buahan (yang merupakan sumber vitamin dan mineral) harus menempati setengah piring, lalu makanan berprotein memakan sekitar seperempat piring sementara sumber karbohidrat (seperti nasi, pasta, kentang) menempati sisanya. Bunda juga diingatkan untuk memerhatikan kecukupan cairan si Kecil.

Idealnya “Isi Piringku” diterapkan setiap kali si Kecil makan, baik saat sarapan, makan siang atau makan malam. Namun praktiknya mungkin tidak semudah teori, mengingat si Kecil terkadang sulit makan. Pada intinya Bun, Isi Piringku adalah pedoman, jadi Bunda disarankan selalu menyediakan makanan sehat sedekat mungkin dengan kriteria itu.

Contoh, jika si Kecil tidak mau makan sayuran ketika sarapan, cobalah buah sebagai gantinya. Bunda juga perlu menjadi panutan. Isi Piringku tidak hanya berlaku untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Anak-anak yang melihat orang tua mereka makan makanan sehat lebih cenderung untuk mencontohnya.

­

Lengkapi juga gizi si Kecil dengan susu vidoran Xmart 3+. Dua gelas susu vidoran Xmart 3+ akan membantu mengurangi kekhawatiran Bunda ketika si Kecil belum mau menikmati makanan sehat yang disuguhkan di meja makan. vidoran Xmart 3+ menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, juga mengandung formula imunUp yang memiliki banyak manfaat untuk si Kecil antara lain. Berkut beberapa kandungan unggulan dalam vidoran Xmart 3+:

  • Cod liver oil

Merupakan minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA + EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mendukung pertumbuhan anak.

  • Serat pangan inulin

Merupakan serat pangan larut yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak.

  • Asam lemak esensial (asam linoleat)

Berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

  • Sumber protein

Merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Nah, selamat menyiapkan makanan sehat untuk si Kecil!