Keajaiban si Makanan Super

Super food memang menjadi tren di kalangan masyarakat modern saat ini. Apa sih, sebenarnya kehebatan makanan super ini?
Super food adalah makanan – sebagian besar berbasis tanaman, tetapi juga terdapat pada beberapa ikan dan susu. Super food dianggap bergizi padat dan lebih baik untuk kesehatan. Apa saja makanan yang telah mendapatkan label sebagai makanan super dan terus diburu orang?

Blueberry
Blueberry memang yang paling sering masuk ke daftar puncak super food, karena kaya akan vitamin, serat larut, dan fitokimia. Tapi pada dasarnya, nutrisi di dalam buah berry lainnya, seperti strawberry dan cranberry juga kaya antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam jurnal Circulation menemukan bahwa blueberry kaya akan phytochemical yang disebut flavonoid, yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Kiwi
Buah ini diberi label makanan super karena mengandung nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2011 di Asia Pasifik Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi buah Kiwi secara teratur dapat membantu menjaga kualitas tidur, karena kiwi  mengandung serotonin, yaitu hormon yang menjaga agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Kacang dan Biji-Bijian
Dikenal mengandung mineral dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, kacang dan biji-bijian memiliki kalori yang cukup tinggi, sehingga porsi konsumsinya perlu dikendalikan. 

Ikan Kod, Salmon, Sarden dan Mackerel 
Kandungan minyak ikan dalam ikan-ikan tersebut, terutama minyak hati ikan kod, sangat baik untuk kesehatan, karena kaya asam lemak Omega-3. Asam lemak Omega-3 antara lain membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Untuk si Kecil yang sedang berlatih berpuasa, kendalikan asupan bergula yang berlebihan. Karena gula hanyalah kalori “kosong” yang kurang baik untuk asupan sahur dan berbuka. Berikan ia lebih banyak makanan berserat dan buah-buahan segar yang membantu memberi rasa kenyang lebih lama sekaligus melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya.