Kenali DHA dan EPA yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak

DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (asam eicosapentaenoic) adalah asam lemak tak jenuh ganda omega-3 rantai panjang  yang banyak terdapat pada ikan, kerang, dan beberapa jenis alga.

EPA dan DHA memiliki peran berbeda di dalam tubuh. DHA berkontribusi pada pemeliharaan penglihatan dan fungsi otak, sementara DHA dan EPA bersama-sama berkontribusi pada fungsi normal jantung.  EPA juga berperan dalam membantu mengurangi peradangan sel.  DHA juga terkenal untuk pembelajaran. Sebaliknya, EPA telah dikaitkan dengan pengaturan suasana hati.

Meski ada kepercayaan bahwa DHA harus ditekankan dalam pertumbuhan optimal anak karena hubungannya dengan fungsi kognitif, namun banyak penelitian menunjukkan keseimbangan DHA dan EPA diperlukan untuk kesehatan anak secara menyeluruh.

Dari mana kita bisa mendapatkan DHA dan EPA? Meski tubuh membutuhkan EPA dan DHA untuk berkembang, sayangnya tubuh tidak dapat membuatnya sendiri.  Omega-3 (DHA dan EPA) hanya dapat diperoleh melalui makanan. Berikut beberapa contoh makanan yang kaya DHA dan EPA:

Kerang-kerangan

Kerang-kerangan adalah sumber omega-3 yang unik karena banyak jenis yang memiliki kedua bentuk omega-3 DHA, dan EPA, termasuk tiram, lobster, abalone, dan sebagainya.

Edamame

Edamame merupakan sumber yang kaya omega-3. Satu porsi 100 gram (sekitar 2/3 cangkir) edamame yang direbus mengandung 2,16 gram omega-3.

Udang

Satu porsi udang mengandung 0,12 gram DHA serta 0,12 gram EPA. Udang juga kaya akan protein dan potasium.

Rumput laut

Rumput laut merupakan sumber penting omega-3 karena merupakan salah satu dari sedikit makanan nabati yang mengandung DHA dan EPA. Rumput laut juga kaya protein.

Minyak hati Ikan kod

Minyak hati ikan kod mengandung EPA dan DHA tingkat tinggi serta vitamin A dan D. Banyak manfaat minyak hati ikan kod yang diyakini berasal dari sifat anti inflamasinya yang kuat.

Susu vidoran Xmart 1+

Susu vidoran Xmart 1+ adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang pertama dengan Formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod). Cod liver oil atau minyak hati ikan kod dalam vidoran Xmart 1+ mengandung Omega 3 (DHA + EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak sekaligus meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak. Berikut beberapa keunggulan vidoran Xmart 1+ :

  • Cod liver oil merupakan minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan Otak, meningkatkan daya tahan dan tumbuh kembang anak.
  • Serat Pangan Inulin, merupakan serat pangan larut yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak.
  • Asam lemak esensial (asam linoleat) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Tinggi protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selamat memberi nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang optimal si Kecil!

Sumber:

www.webmd.com

https://genuinehealth.ca

ARTIKEL TERKAIT