Manfaat Serat Pangan Inulin untuk si Kecil

Serat pangan inulin adalah serat pangan larut yang tidak dicerna dalam tubuh, namun digunakan sebagai “makanan” oleh bakteri baik di usus.  Seperti diketahui, mikrobioma usus (populasi mikroba yang hidup di usus) sangat kompleks dan mengandung bakteri baik dan bakteri jahat. Memiliki keseimbangan bakteri yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dan melindungi tubuh dari penyakit.

Inulin dapat membantu meningkatkan keseimbangan di usus, karena menurut penelitian, inulin dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri yang menguntungkan usus.  Bakteri usus mengubah inulin menjadi asam lemak rantai pendek yang menyehatkan sel-sel dalam usus besar dan memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Berikut manfaat serat pangan inulin:

Membantu melancarkan pencernaan

Karena merupakan serat, inulin dapat merangsang pergerakan usus menjadi teratur yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Peningkatan penyerapan mineral dan kesehatan tulang

Penelitian menemukan bahwa inulin meningkatkan penyerapan kalsium dan magnesium, sehingga meningkatkan kepadatan tulang.

Membantu kenyang lebih lama

Inulin adalah serat pangan larut. Ketika serat ini bercampur dengan cairan di tubuh, serat tersebut berubah menjadi gel yang dapat membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama.

Meningkatkan kesehatan mental

Banyak penelitian menghubungkan usus yang sehat dengan pikiran yang sehat. Beberapa ahli bahkan menyatakan mikrobioma yang beragam dan pola buang air besar yang sehat dapat dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan dan depresi.

Secara alami, inulin terdapat di banyak tanaman, seperti akar sawi putih, artichoke, bawang putih, asparagus, dan gandum.  Si Kecil juga bisa mendapatkan serat pangan inulin dari vidoran Xmart 3+ . Susu vidoran Xmart 3+  merupakan susu yang dilengkapi dengan Serat Pangan Inulin yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak.

vidoran Xmart 3+  juga merupakan pilihan lebih sehat untuk si Kecil karena mengandung formula imunUp dengan gula lebih rendah dan tinggi DHA.  Berikut keunggulan kandungan formula imunUp dalam susu vidoran Xmart 3+

  • Cod liver oil merupakan minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak.
  • Tinggi DHA untuk menunjang perkembangan otak si Kecil.
  • Tinggi vitamin C, D3, E, Zinc yang merupakan mikronutrien untuk menunjang daya tahan tubuh yang kuat.
  • Serat Pangan Inulin merupakan serat pangan larut yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak.
  • Asam lemak esensial (asam linoleat) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Sumber protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak

Sumber:

https://health.clevelandclinic.org/

https://www.medicalnewstoday.com

ARTIKEL TERKAIT