Mengapa si Kecil Perlu Susu Terbaik dengan DHA?

Bunda pasti sering mendengar tentang DHA. DHA atau docosahexaenoic acid adalah jenis asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan berlemak baik, seperti ikan kod. DHA diakui penting untuk perkembangan fungsi otak anak, sayangnya tubuh hanya dapat membuat sedikit DHA. Karena itulah, si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan perlu mendapatkan asupan DHA dari makanan, suplemen, atau susu yang diperkaya DHA. 

Pada masa golden age, pertumbuhan dan perkembangan otak anak sedang terjadi dengan pesat.  Hingga usia 2 tahun, fase pertumbuhan utama otak sudah terjadi, namun beberapa area otak belum sepenuhnya berkembang.  Contoh, pematangan sel otak pada lobus frontal (bagian otak terbesar yang terletak di bagian depan) baru dimulai pada usia 6 bulan dan berlanjut terus sepanjang masa kanak-kanak hingga remaja. Perkembangan tercepat lobus frontal diidentifikasi pada usia 2 tahun, usia 7-9 tahun, serta selama pertengahan masa remaja.  

Di dalam otak, DHA memenuhi 15% bagian lobus frontal dan memengaruhi berbagai fungsi kognitif, seperti perencanaan, pemecahan masalah, dan fokus perhatian.  Fakta inilah yang membuat DHA dianggap bermanfaat untuk perkembangan otak. Menurut penelitian yang dimuat dalam laman NCBI, pemberian suplementasi DHA pada anak dapat memengaruhi fungsi kerja otak secara positif.  Penelitian dilakukan pada 362 anak berusia 7-9 tahun yang memiliki kinerja rendah pada prestasi membaca. Setelah 16 minggu pemberian suplementasi DHA, ternyata kemampuan membaca tercatat meningkat secara signifikan.

Untuk memenuhi kecukupan DHA si Kecil setiap hari, berikan dia makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang termasuk olahan ikan yang kaya asam lemak omega-3 DHA. Namun harap perhatikan proses pengolahannya. Agar kandungan DHA dalam ikan tetap terjaga, disarankan ikan untuk dikukus atau dipanggang. Hindari menggoreng karena dapat menghancurkan kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan secara signifikan.

Selain dari olahan ikan, Bunda juga bisa berikan Si Kecil susu vidoran Xmart 3+ yang diperkaya dengan Cod Liver Oil. Seperti yang Bunda tahu, Cod Liver Oil mengandung Omega 3 (DHA + EPA) yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil. Selain itu, Cod Liver Oil juga tinggi vitamin A&D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak, mata, dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh anak.  Dengan minum vidoran Xmart 3+ dua gelas setiap hari, Bunda sudah membantu mencukupi kebutuhan DHA si Kecil.

vidoran Xmart 3+ juga mengandung formula imunUp yang tinggi vitamin C, D3, E, Zinc, DHA (Omega 3&6), Protein, Kalsium, dan Inulin untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Nah Bunda penuhi kecukupan DHA si Kecil dengan susu vidoran Xmart agar ia Siap Jadi Kuat dan Cerdas.

Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov
https://www.healthxchange.sg