Nutrisi ini Penting untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak saat Mudik

Bunda yang mengajak si Kecil mudik tahun ini mungkin memiliki kekhawatiran akan banyaknya serangan virus yang dapat membuat si Kecil jatuh sakit. Tetapi ada cara yang dapat Bunda lakukan untuk mengurangi kemungkinan si Kecil sakit saat mudik, yakni dengan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Kunci untuk memiliki daya tahan tubuh yang tangguh adalah mendapatkan berbagai nutrisi dari makanan. Meski semua nutrisi dibutuhkan dalam sistem kekebalan tubuh anak, namun ada beberapa nutrisi khusus yang telah dibuktikan sangat diperlukan agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik, berikut di antaranya:

Vitamin A

Vitamin A meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap infeksi dengan menjaga kesehatan tubuh, seperti kesehatan kulit, lambung, usus, dan sistem pernapasan. Contoh sumber vitamin A: ubi jalar, wortel, brokoli, bayam, telur atau minuman yang diperkaya vitamin A, seperti susu.

Vitamin C.

Vitamin C diketahui melindungi tubuh dari infeksi dengan meningkatkan pembentukan antibodi, yang melindungi tubuh dari bakteri dan virus asing. Sumber Vitamin C termasuk buah jeruk, melon, pepaya, beri, tomat, brokoli.

Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk daya tahan tubuh dengan meningkatkan produksi protein yang berperan untuk sel kekebalan. Sumber vitamin D bisa dari ikan berlemak, minyak hati ikan kod,  kuning telur.

Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu antioksidan paling kuat karena mampu menetralkan radikal bebas dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sumber Vitamin E, misalnya, bunga matahari, alpukat, almond, selai kacang.

Protein

Protein adalah penguat utama kekebalan tubuh karena protein berperan dalam penyembuhan dan pemulihan. Contoh makanan sumber protein: telur daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, susu.

Nah, siap untuk menyiapkan bekal bergizi untuk si Kecil saat mudik? Jangan lupa juga untuk membawa vidoran Xmart UHT.  Susu vidoran Xmart UHT kaya akan berbagai kandungan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak saat mudik, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin D, dan juga protein. Selain itu masih banyak keunggulan vidoran Xmart UHT, seperti:

  • Cod Liver Oil

Cod Liver Oil atau Minyak Hati Ikan Kod dalam vidoran Xmart UHT berasal dari perairan laut dalam, mengandung Omega 3 (DHA & EPA), vitamin A dan D alami untuk mengoptimalkan kecerdasan si Kecil.

  • Vitamin B2

Berperan sebagai ko-enzim perubahan karbohidrat menjadi energi.

  • Vitamin B6

Merupakan salah satu faktor dalam metabolisme energi dan pembentukan jaringan.

  • Vitamin B12

 Berperan sebagai ko-enzim dalam pembentukan asam nukleat, misalnya pembentukan sel darah merah.

  • Vitamin C

Berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen.

  • Vitamin D

Berperan dalam pembentukan struktur tulang dan gigi.

  • Vitamin E

Berperan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Kalsium

Berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

  • Fosfor

berperan dalam memberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, penunjang kesehatan gigi dan gusi.

Semoga perjalanan mudiknya lancar, ya Bun!

Sumber:

www.nhs.uk

ARTIKEL TERKAIT