4 Pantangan saat Hadapi Anak Sulit Makan

Anak sulit makan, yang salah satunya ditandai dengan suka pilih-pilih makanan, sering kali merupakan fase normal perkembangan anak usia 2 hingga sekitar 4 tahun. Pada kasus ini, orang tua diminta untuk tidak terlalu cemas dan disarankan lebih bersikap positif dalam mencoba membangun selera makan anak yang lebih bervariasi.  Sikap positif orang tua bisa dilakukan dengan menghindari 4 pantangan ini:

Jadwal makan tidak konsisten

Jadwal makan yang tidak teratur dapat mengganggu jam biologis tubuh yang mengatur nafsu makan dan penyerapan makanan. Untuk itu, penting untuk menjaga jadwal makan utama si Kecil dan jadwal camilan yang sama setiap hari.

Marah pada anak

Jika anak tidak mau makan, tak perlu bereaksi dengan marah-marah. Pastikan saja anak tidak mendapat makanan kesukaannya. Katakan dengan tenang “Adek perlu makan sedikit sayur ini untuk bisa makan es krim”. Bila anak tetap menolak, tak perlu memberi makanan kesukaannya. Anak dapat belajar konsekuensi dari situ.

Tidak mengenalkan makanan baru

Orang tua perlu mengenalkan berbagai makanan baru agar si Kecil terbiasa menikmati makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang.  Penelitian mengatakan dibutuhkan 8 hingga 15 kali untuk memperkenalkan makanan baru sebelum anak mau menerimanya. Namun orang tua biasanya sudah berputus asa saat 3 kali mencoba dan anak menolak makanan tersebut.  

Takut anak kelaparan

Proses mengubah si sulit makan tentu membutuhkan waktu.  Usaha ini perlu dimulai dengan konsistensi orang tua.  Bila anak menolak hidangan yang disajikan saat makan siang, misalnya, tidak perlu menggantinya dengan menu kesukaan anak karena khawatir anak kelaparan. Biarkan dia melewatkan waktu makan itu. Rasa lapar justru akan membuat si Kecil lebih menikmati waktu makan berikutnya dan kemungkinan mau mencicipi hidangan apa pun yang tersaji di meja makan.

Nah, selamat mencoba. Dengan pengasuhan yang tepat, masalah sulit makan si Kecil akan semakin berkurang. Kecemasan Bunda akan kebutuhan nutrisi si sulit makan, dapat dikurangi dengan memberi si Kecil vidoran smart frugie yang dapat membantu memperbaiki nafsu makan anak.  vidoran smart frugie memiliki beberapa keunggulan, seperti

  • Mengandung Curcuma dan Lysine untuk membantu memperbaiki nafsu makan di masa pertumbuhan.
  • Dilengkapi dengan Multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan.

Semoga masalah si sulit makan cepat teratasi ya!

Sumber:

www.psychologytoday.com

www.nbcnews.com/

ARTIKEL TERKAIT