Cara Mengajarkan Makna Puasa pada Anak

Bulan suci Ramadhan adalah momen istimewa untuk anak-anak belajar tentang makna puasa. Puasa merupakan ibadah yang menanamkan banyak nilai-nilai kebaikan dan membuat kita lebih dekat kepada Tuhan. Berikut makna puasa yang dapat diajarkan pada si Kecil selama bulan Ramadan ini:

Memahami orang yang kelaparan

Bunda dapat menjelaskan makna puasa dari yang paling sederhana, bahwa selama puasa, orang harus makan sebelum matahari terbit (disebut sahur) dan kemudian menikmati buka puasa setelah matahari terbenam. Salah satu tujuan puasa adalah supaya dapat memahami perasaan orang-orang yang mengalami kelaparan.

Banyak bersyukur

Puasa juga merupakan momen untuk banyak bersyukur dengan menghargai apa yang kita miliki. Ketika beduk magrib berkumandang, misalnya, Bunda dapat mengingatkan si Kecil untuk mengucap syukur karena dia dapat segera berbuka puasa. Dari situ, si Kecil akan memahami nilai nikmat yang terdapat pada sepiring nasi dan segelas air.

Berbagi kebaikan pada sesama

Berbagi kebaikan di bulan suci Ramadan akan membantu anak belajar menjadi manusia yang lebih baik. Ketika membantu orang-orang yang kurang beruntung, anak-anak belajar menghargai apa yang mereka miliki. Dengan berbagi, hati mereka juga menjadi lebih tenang dan bahagia.

Mengendalikan emosi

Berpuasa bukan hanya sekadar tidak makan dan minum, namun juga mengendalikan diri dari berbagai emosi negatif, seperti rasa marah. Ingatkan selalu si Kecil bahwa dengan berpuasa, orang diharapkan dapat menjadi manusia  yang lebih baik.

Belajar memberi dan meminta maaf

Puncak dari ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah hari raya Idul Fitri. Pada hari kemenangan inilah kita akan saling memberi maaf dan meminta maaf kepada sanak saudara atau tetangga dengan bersalam-salaman atau bersilaturahmi.

Nah, selamat mengajarkan makna puasa pada si Kecil ya, Bun. Jangan lupa saat si Kecil belajar puasa penuhi nutrisinya dengan menyajikan makanan beragam dan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka. Lengkapi gizi anak selama berpuasa dengan minum susu vidoran Xmart 5+. Susu vidoran Xmart 5+ adalah minuman sehat yang praktis untuk membantu mendukung nutrisi anak selama berpuasa. Berikan si Kecil segelas susu vidoran Xmart 5+ setiap sahur dan segelas saat berbuka  Susu vidoran Xmart 5+ kini dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Zat Besi, Protein, dan vitamin B kompleks yang tidak hanya untuk memenuhi nutrisi hariannya, tapi juga untuk mendukung daya tahan tubuh selama si Kecil berpuasa.

Sumber:

Berbagai sumber

ARTIKEL TERKAIT