Dos N Donts Mengenalkan Puasa pada Balita

Meski berpuasa tidak wajib bagi anak-anak yang masih kecil, ada anak-anak balita yang bersemangat ingin ikut berpuasa. Bagi mereka, Bunda bisa mengenalkan puasa tapi sesuaikan dengan kemampuan si Kecil. Berikut beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan:

Dos

Perkenalkan puasa secara perlahan

Balita yang bersemangat ingin ikut berpuasa dapat memulai puasa secara perlahan, seperti hanya 1-2 jam dalam sehari atau cukup sekadar berpuasa untuk tidak makan camilan favorit mereka. Dengan ikut berpuasa, si Kecil akan bangga karena dapat ikut ke dalam rutinitas bulan Ramadan ini dan memahami seperti apa rasanya lapar itu.

Puasa di bawah pengawasan Bunda

Pastikan balita yang berpuasa berada di bawah pengawasan Bunda. Pengawasan ini bisa membantu Bunda menilai kemampuan si Kecil dalam berpuasa, apakah perlu mengurangi atau menambahkan jam puasa pada hari berikutnya.

Menjadi teladan

Anak-anak akan melihat hikmah Ramadan melalui teladan yang diberikan oleh orang tuanya. Ketika Bunda menghabiskan lebih banyak waktu untuk beribadah dan banyak membantu para fakir miskin di bulan suci ini, anak-anak akan mendapat pelajaran berharga dari teladan tersebut.

Don’ts

Memaksa anak

Jangan memaksa  balita berpuasa sepanjang hari karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Dehidrasi akan mengakibatkan berkurangnya energi, mengantuk dan kelelahan yang ekstrem.

Banyak gula

Hindari menyajikan makanan/minuman yang banyak mengandung gula karena dapat mengganggu kadar gula darah alami tubuh dan menyebabkan anak menjadi moody atau rewel sepanjang hari.

Makan makanan pedas

Beberapa anak menyukai makanan pedas, namun bila si Kecil sedang belajar berpuasa sebaiknya hindari makanan pedas saat sahur dan berbuka untuk mencegah kembung dan gangguan pencernaan.

Nah, selamat mengenalkan puasa pada si Kecil. Bila Bunda mengkhawatirkan asupan gizi si Kecil selama belajar berpuasa, lengkapi nutisinya dengan vidoran Xmart 3+. Menyajikan segelas susu vidoran Xmart 3+ pada saat sahur, akan membantu memberi energi pada si Kecil dan menjaganya tetap bugar selama berpuasa. Sementara segelas susu vidoran Xmart 3+ di waktu berbuka bisa  membantu mengembalikan energi si Kecil dengan cepat.

Susu vidoran Xmart 3+ mengandung Cod Liver Oil, Omega 3&6, Inulin, Sumber Protein, Sumber 12 vitamin dan 6 mineral untuk  membantu mencukupi gizi anak selama berpuasa.

Sumber:

www.thenationalnews.com

ARTIKEL TERKAIT