Kebiasaan Belajar Si Kecil

Si Bungsu kami Brie, usia 5.5 tahun, sudah duduk di TK Besar. Dia sekolah setiap hari, dari Senin sampai Jumat, dari pukul 07.30 sampai pukul 12.00. Awalnya, saat bangun pagi, anak-anak rutin bangun jam 05.30, adalah hal yang sulit dia lakukan. Alasannya masih mengantuk. Padahal, ia sudah mendapat paling sedikit 8.5 jam tidur malam, dan tidur siang 1-2 jam. Namun, saat kebiasaan bangun pagi itu dipupuk terus, ia bisa bangun pagi dan mandi sendiri tanpa penolakan atau nangis.

Salah satu yang kami lakukan untuk membiasakan ia bangun pagi tanpa menolak/menangis karena masih mau tidur adalah, kami ingatkan baik-baik dari malam sebelumnya (untuk supaya ia bangun pagi tanpa nangis). Dan saat ia bisa bangun tanpa menangis, kami peluk dan cium pipinya, sebagai tanda ia berhasil mengontrol emosinya dan mengerjakan tanggung jawabnya di pagi hari dengan baik.

Rutinitas selanjutnya sebelum berangkat sekolah adalah sarapan. Sarapan favorit Brie adalah sereal dan roti. Untuk menjaga pertumbuhan dan kemampuan belajarnya, anak-anak minum vitamin setiap hari. Brie lebih suka vitamin yang bisa dikunyah dan dihisap.

Salah satu vitaminnya adalah vidoran Smart, yang tersedia dalam bentuk tablet hisap dan sirup. vidoran Smart ini mengandung Omega 3, Vitamin B Kompleks dan Vitamin C. Omega 3, yang terdiri dari DHA dan EPA bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan belajar. Vitamin B Kompleks berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak yang penting bagi perkembangan anak  dan Vitamin C yang berperan bagi daya tahan tubuh anak. Semua kandungan tersebut akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta membantu pertumbuhan dan kemampuan belajar pada anak-anak, termasuk Brie, tentunya. Dua rasa yang tersedia, yaitu jeruk dan strawberry, semuanya disukai Brie.

Saat menjemput anak-anak dari sekolah, saya membiasakan mereka untuk langsung bercerita tentang harinya. Biasanya Brie bercerita tentang apa yang ia lakukan di sekolah, apa yang dipelajarinya, apa yang teman-temannya lakukan bersama-sama, dll. Karena masih di TK, belum ada PR sekolah yang banyak, belum ada rutinitas khusus untuk duduk dan belajar materi dari sekolah. Kegiatan Brie hanya sekolah saat ini, rencananya, tahun depan ia akan belajar renang dan juga bermain musik.

Brie sangat menikmati masa-masa belajarnya. Dia sedang senang belajar membaca. Dia belajar membaca buku-buku sederhana sendiri, dan mengajak saya untuk membacakannya buat dia. Dia mendapat PR sekolah setiap hari Jumat, dan biasanya langsung dikerjakannya dalam 2 hari. Selama ini kami menanamkan kebiasaan untuk tidak menunda pekerjaan rumah, tetapi menyelesaikannya sehingga kami sekeluarga ada waktu untuk bersama-sama setelahnya. Saat mengerjakan pekerjaan rumah, bila ada hal yang tidak dia mengerti, dia baru akan bertanya kepada saya.  Brie senang mengerjakan tugasnya sendiri setelah memastikan dia mengerti dengan benar apa yang harus ia kerjakan. Biasanya sih, kalau kakak-kakaknya sedang menonton program anak di TV, dia pun tergoda untuk ikut bergabung dan menyelesaikan PR-nya 'nanti' J

Untuk urusan belajar ini, menurut saya, semua anak-anak perlu konsumsi vitamin setiap hari, makan buah-buahan dan makanan yang bergizi, serta beraktivitas guna menjaga kesehatan tubuh secara fisik. Setiap hari, anak-anak bersekolah dan bertemu dengan teman sebayanya selama berjam-jam. Mereka belajar, berkonsentrasi, beraktivitas, termasuk berinteraksi dengan teman-temannya yang mungkin sakit, dll. Mengonsumsi vitamin setiap hari menjadi suatu 'keharusan' bagi kami. Dan vidoran Smart, yang mengandung Omega 3, Vitamin B Kompleks dan juga Vitamin C sangat menolong dalam menjaga kesehatan, pertumbuhan fisik dan konsentrasi belajar mereka.

ARTIKEL TERKAIT