Mengasuh Anak di Era Digital

Di era digital saat ini, mengasuh si Kecil menghadapi serangkaian tantangan baru. Meluasnya penggunaan perangkat digital, memerlukan pertimbangan yang cermat dari Bunda.  Dari masalah keamanan online hingga mengatur waktu pemakaian perangkat.

Dengan membekali diri dengan pengetahuan dan menerapkan pendekatan proaktif, Bunda dapat menciptakan lingkungan digital yang sehat dan seimbang untuk anak-anak sekaligus memberdayakan mereka untuk menjelajahi dunia digital secara bertanggung jawab. Berikut tipsnya:

 

Lakukan komunikasi tatap muka.

Cara komunikasi paling baik untuk anak-anak adalah komunikasi dua arah. Jadi banyak-banyaklah mengajak si Kecil mengbrol. Percakapan dapat dilakukan secara tatap muka langsung atau melalui video call bila Bunda terlalu sibuk di kantor. Penelitian menunjukkan percakapan dua arah lebih meningkatkan keterampilan berbahasa anak dibandingkan interaksi satu arah dengan layar.

 

Ciptakan waktu bersama keluarga

Dorong si Kecil untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Jaga waktu makan keluarga dan pertemuan keluarga bebas teknologi. Isi ulang smartphone dan  perangkat digital anak pada malam hari dan di luar kamar agar anak tidak tergoda menggunakannya saat mereka seharusnya tidur.  Kebiasaan makan yang sehat dan tidur yang baik, penting untuk kesehatan anak-anak.

 

Hindari teknologi sebagai penenang emosi

Smartphone bisa sangat efektif untuk membuat si Kecil tetap tenang, namun smartphone tidak seharusnya menjadi satu-satunya cara mereka belajar untuk tenang. Anak-anak perlu diajari cara menyalurkan emosi dengan baik dan melakukan aktivitas, selain bermain hape, untuk mengatasi kebosanan.

 

Pilih aplikasi untuk anak-anak

Baca review untuk mendapatkan ulasan tentang aplikasi yang cocok untuk anak-anak demi memandu Bunda membuat pilihan terbaik bagi si Kecil. Banyak aplikasi yang menyebut sebagai aplikasi pendidikan, namun hanya sedikit yang benar-benar berkualitas. Aplikasi yang dianggap “interaktif” seharusnya lebih dari sekadar scroll dan swipe.  

 

Berikan selalu nutrisi terbaik

Pedoman makan sehat, yakni bervariasi dan bergizi seimbang, harus terus diterapkan pada anak. Manfaatkan saran pakar nutrisi yang sering berbagi resep sehat di platform seperti YouTube dan media sosial lainnya. Lengkapi pola makan sehat si Kecil dengan  vidoran Xmart 5+.  vidoran Xmart 5+ akan membantu si Kecil tumbuh cerdas dan sehat di era digital karena berbagai keunggulan kandungannya yaitu:

  • Minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA) dan tinggi vitamin A & D alami, selain baik untuk kesehatan mata, juga berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak serta meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak.
  • Tinggi Kalsium untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  • Asam lemak esensial (asam linoleat) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Tinggi Zat Besi dan Zink untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh dan mendukung proses metabolisme tubuh.

Menjadi ibu adalah proses belajar yang tak pernah usai. Semoga Bunda lebih siap menghadapi tantangan pengasuhan di era digital ini. Selamat Hari Ibu!

 

Sumber:

www.kidsfirstpediatricpartners.com

www.hindustantimes.com