Tips Meningkatkan Multiple Intelligences Anak

Teori Multiple Intelligences (MI) yang dipopulerkan Howard Gardner menunjukkan bahwa kecerdasan manusia dibedakan ke dalam 8, yakni Kecerdasan Spasial (Visual), Kecerdasan Linguistik (Verbal), Kecerdasan Logis (Matematika), Kecerdasan Kinestetik (Jasmani), Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, dan Kecerdasan Musikal.

Teori ini berbeda dengan gagasan tentang kecerdasan tunggal. Orang yang cerdas pada teori kecerdasan tunggal hanya dikenali dari kemampuan linguistik (bahasa) atau kemampuan logis (matematis) karena dianggap penting untuk kemajuan akademik.

Pada teori MI, seseorang bisa memiliki kedelapan kecerdasan dalam tingkat yang berbeda-beda, dengan beberapa lebih dominan daripada yang lain. Bunda dapat menstimulasi si Kecil guna membantu meningkatkan kedelapan kecerdasan, berikut contoh stimulasinya:

Kecerdasan linguistik

Contoh: mengajak si Kecil banyak membaca, menonton film berbahasa asing, bermain teka-teki silang, dan sebagainya.

Kecerdasan logis-matematis

Contoh: bermain membeli dan menjual, bermain catur, mengajak si Kecil menimbang bahan-bahan masakan saat membuat kue.

Kecerdasan naturalistik

Contoh: mengajak si Kecil menjelajahi alam, melakukan wisata outdoor,  bermain eksperimen sains di taman atau hutan kota.

Kecerdasan interpersonal

Contoh: bermain game dengan semua anggota keluarga, memberi anak kesempatan mendapatkan teman-teman baru, bermain peran menjadi dokter, perawat.

Kecerdasan intrapersonal

Contoh mengenalkan nama-nama emosi pada anak (sedih, marah, kecewa, bahagia, dll) menanyakan perasaan anak, menulis diari.

Kecerdasan musikal pada anak

Contoh: mendengarkan musik dari berbagai genre, bernyanyi, memainkan alat musik.

Kecerdasan visual-spasial

Contoh: mengenalkan arah (kiri, kanan), bermain game maze  (permainan jalan berliku ataupun jalan buntu), dan sebagainya.

Kinestetik-jasmani

Contoh: berpartisipasi dalam olahraga, latihan menari, dan sebagainya.

Selamat mencoba. Untuk meningkatkan multiple intelligences anak, Bunda hanya perlu menawarkan berbagai macam kegiatan kepada si Kecil. Berikan juga ia susu vidoran Xmart 5+ untuk membantu memenuhi nutrisinya setiap hari.

Susu vidoran Xmart 5+ merupakan minuman kaya gizi untuk bekal anak melakukan berbagai aktivitas multiple intelligences-nya. vidoran Xmart 5+ kini dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc, DHA (Omega 3&6), Tinggi Kalsium, Zat Besi, Protein, dan vitamin B kompleks, untuk  proses belajar dan tumbuh kembang optimal anak.

Sumber:

www.parentcircle.com

ARTIKEL TERKAIT