Tips Mudah Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Si Kecil yang tampak tidak punya nafsu makan bisa terkait dengan kebiasaan mengemilnya. Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak yang punya akses terhadap makanan sepanjang hari. Ketika lapar, mereka tinggal ambil camilan sehingga tidak pernah benar-benar merasa lapar saat disajikan makanan utama.

 

Untuk meningkatkan nafsu makan anak, solusi paling penting adalah membuat jadwal makan. Umumnya jadwal makan dibuat setiap 2,5 hingga 3 jam sekali. Jadwal makan yang teratur  akan mendorong anak belajar untuk mengenali isyarat lapar dan kenyang pada tubuh mereka sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan nafsu makan si Kecil.

 

Setelah mencanangkan jadwal makan, ada beberapa tips penting lain untuk meningkatkan nafsu makan anak:

 

Ajak anak bergerak

Aktivitas bermain, seperti berlari atau melompat-lompat, dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. Sebaliknya aktivitas pasif, seperti menonton atau bermain ponsel seharian, hanya akan membakar sedikit kalori dan membuat anak tidak merasa lapar.

 

Jangan lewatkan sarapan

Jangan biarkan anak melewatkan sarapannya. Metabolisme yang sehat dimulai dengan sarapan pagi. Sarapan meningkatkan energi dan juga meningkatkan nafsu makan.  

 

Sajikan makanan dalam porsi sedang

Porsi makan yang terlalu besar bisa membuat anak merasa terbebani. Bila ini terjadi berulang-ulang ini, nafsu makan si Kecil bisa berkurang. Untuk itu, tak perlu menyajikan makanan dalam porsi besar setiap kali anak makan. Porsi sedang justru dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat anak lebih menikmati lezatnya makanan yang Bunda sajikan.

 

Hindari jus sebelum makan

Minuman kaya kalori, seperti jus buah, bisa membuat perut anak kenyang. Oleh karena itu, jangan berikan jus buah sebelum makan. Sajikan jus setidaknya satu jam sebelum waktu makan tiba. Bila anak haus, Bunda bisa memberinya minum air putih.

 

Selain itu, Bunda juga bisa memberikan vidoran smart frugie yang dapat meningkatkan nafsu makan dan memenhi kebutuhan serat si kecil..  vidoran smart frugie memiliki beberapa keunggulan, seperti

  • Mengandung Curcuma dan Lysine untuk membantu memperbaiki nafsu makan di masa pertumbuhan.
  • Dilengkapi ekstrak buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat harian si kecil.
  • Dilengkapi dengan Multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan.

Semoga si Kecil memiliki kebiasaan makan yang sehat!

 

 

Sumber:

www.linkedin.com

https://yourkidstable.com