Vitamin Untuk Daya Tubuh Anak

Selama ini, kami bersyukur, si Kecil, Brie, sehat dan jarang sakit. Terkadang ia bisa ada batuk atau pilek ringan, namun tidak berlangsung lama. Karena Brie sangat suka bercerita, saat ia merasa sedikit tidak nyaman pun (misalkan, tergores, tergigit nyamuk, dll) biasanya ia selalu datang dan menceritakan apa yang terjadi pada dirinya dan apa yang ia mau atau tidak mau lakukan setelahnya.

Saat Brie masih dibawah umur 1 tahun, sedikit batuk dan pilek hampir selalu berkembang menjadi 'tonsilitis' (radang amandel, yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri) dan penyempitan saluran pernapasan. Biasanya kemudian ia di-'uap' dengan NaCl (air garam atau saline water yang bisa dibeli di apotik-apotik) menggunakan 'nebulizer machine', untuk membantu mencairkan lendir di hidungnya dan mempernyaman pernapasannya. Untuk memperkuat daya tubuhnya, ia terus diberikan ASI, dan saya terus mengonsumsi vitamin, agar khasiatnya juga tersalur kepadanya

Saat ini kalau kurang waktu istirahat dan ada teman di sekolah atau kakak di rumah yang sedang batuk atau pilek, si Kecil lebih mudah jatuh sakit juga. Saat dia kehujanan, meniadakan salah satu waktu makan, terlalu capek bermain, punya pengalaman yang kurang menyenangkan saat di sekolah juga menyebabkan dia lebih mudah sakit juga.

Untuk mengoptimalkan daya tahan tubuhnya, setiap hari selalu ada asupan berupa susu, buah, sayuran, daging dan nasi/pasta untuk anak-anak. Brokoli, buncis, kangkung adalah sayuran yang disukainya, sementara buah yang disukai Brie adalah apel, pepaya, jeruk.

Soal makan ini, kami membiasakan anak-anak untuk ikut makan bersama dengan yang lainnya. Walaupun sedang tidak terlalu nafsu makan, tetap perlu makan sesuatu, yaitu: makan pagi di waktu sebelum sekolah, makan siang di jam makan siang, dan makan malam bersama saat kami semua makan malam. Kalau sampai Brie memilih untuk tidak mau makan sama sekali, itu berarti ia perlu menunggu sampai jam makan selanjutnya. 'Peraturan' ini kami terapkan agar anak-anak terbiasa untuk mempunyai pola makan yang lebih teratur dan tidak merasa ia bisa 'semau-maunya' makan, kapan saja ia mau. Karena kadang, saat pulang dari sekolah (TK), ia bilang kalau masih agak kenyang dan belum mau makan. Kalaupun makan, terkadang porsinya sedikit, lalu 1-2 jam kemudian, dia sudah kelaparan lagi dan mau makan ini itu lainnya.

Selain asupan tersebut, Brie juga minum vitamin cair dan gummy untuk membantu memelihara daya tahan tubuhnya sehari-hari. Sirup vidoran Guard rasa jeruk membantu memelihara daya tahan tubuhnya. Nutrisi yang terkandung dalam vidoran Guard ini mengandung Vitamin C untuk daya tahan tubuh, Folic Acid & Iron yang berperan membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah kekurangan darah serta multivitamin & mineral untuk memenuhi kebutuhan optimal bagi metabolism dan fungsi tubuh.

Kalau Brie mulai terlihat tidak aktif seperti biasanya, itu tanda-tanda dia kelelahan dan perlu istirahat atau ia mungkin sedang mau sakit. Biasanya saya kasih dia minum air putih lebih banyak, dan beristirahat di kamar.

Daya tahan tubuh yang terjaga dengan baik akan membuat Brie bisa melakukan aktivitas apa saja yang disukainya.  Saat ini Brie sedang senang melakukan dua hal: melukis dengan cat air dan bermain air di kamar mandi dengan segala ember kecil dan mainan-mainan lainnya. Nah, kalau sudah asyik dengan dua kegiatan itu, Brie sering lupa waktu, terlebih saat dia main air di kamar mandi. Kalau tidak diingatkan untuk selesai, dia bisa terus asyik bermain sendiri di kamar mandi.

ARTIKEL TERKAIT