5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Agar Tidak Gampang Sakit

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hati mereka, salah satunya dalam aspek kesehatan dan tumbuh kembang anak. Bunda pun senantiasa ingin agar si kecil tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit, bukan?

Terlebih, dengan adanya berbagai aktivitas fisik yang dilakukan si kecil baik di dalam maupun luar ruangan, menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit perlu dilakukan.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah sakit!


1. Biasakan Anak Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Tips pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit yakni membiasakan si kecil mengkonsumsi sayur dan buah. 

Bunda bisa memberikan asupan sayur dan buah yang mengandung vitamin C, D3, E, dan Zinc. Mulai dari strawberry, brokoli, tomat, jamur, bayam, alpukat, kacang-kacangan, hingga asparagus.

Vitamin C sendiri sangat terkenal manfaatnya yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, vitamin D2 yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin E yang memiliki efek antioksidan dan mampu menangkal efek radikal bebas penyebab penyakit, serta Zinc yang membantu memelihara fungsi kekebalan tubuh.


2. Optimalkan Waktu Tidur

Bunda tentu pernah mengalami momen-momen di mana si kecil cukup sulit untuk mengatur waktu tidur, entah karena mereka yang lebih memilih untuk bermain dibandingkan tidur, atau kondisi anak yang kurang nyaman sehingga mereka enggan untuk tidur.

Kendati sulit mengatur waktu tidur anak, namun Bunda perlu mengoptimalkan waktu tidur si kecil sebagai cara lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Melansir dari Lauren Pediatric & Teen Medical Center, mendapatkan waktu tidur cukup dan sangat penting pada usia berapa pun, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. 

Dalam hal fungsi sistem kekebalan tubuh, kurangnya tidur berkualitas dapat menimbulkan dampak negatif yang nyata karena berkurangnya sel-sel pembunuh virus alami, atau sel-sel sistem kekebalan tubuh yang menyerang mikroba.

Jumlah tidur yang dibutuhkan anak bergantung pada usianya (rata-rata 12-16 jam sehari untuk bayi hingga 8-10 jam untuk remaja) dan wataknya. Mulailah membiasakan kebiasaan tidur sehat dengan menjaga jadwal teratur dan hindari penggunaan gadget bagi si kecil setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur.


3. Bantu Anak Terhindar dari Stres dan Rasa Cemas

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun rasa cemas dan stres juga dapat dirasakan oleh si kecil, Bunda. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan terhindar dari penyakit, Bunda perlu membantu si kecil agar bisa terhindar dari stres maupun rasa cemas.

Anak-anak pun bisa merasakan stres atau cemas saat mereka kelelahan atau mengalami hal-hal yang membuat mereka khawatir. 

Untuk mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh, berikan si kecil banyak waktu senggang untuk bermain, melakukan aktivitas yang mereka sukai, dan berkumpul dengan orang-orang yang membuat mereka bahagia. Habiskan waktu bersama sebagai satu keluarga setiap hari, dan berikan ruang bagi anak untuk membicarakan kekhawatiran dan stresnya.


4. Vaksinasi Rutin untuk Anak

Melansir dari Parents, Bunda juga dapat mengikuti perkembangan vaksinasi masa kanak-kanak yang direkomendasikan untuk si kecil agar dapat membantu sistem kekebalan tubuh mereka tetap prima. 

Terlebih saat ini, ada berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh anak mulai dari diare, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), campak, cacar air, dan lainnya.

Jika Bunda mempunyai kekhawatiran mengenai vaksinasi, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan si kecil. Penyedia layanan kesehatan dapat membantu Bunda lebih memahami cara kerja vaksinasi, vaksinasi apa yang penting bagi anak, dan mengarahkan Bunda ke sumber daya bermanfaat lainnya. 


5. Penuhi Kebutuhan Multivitamin Si Kecil dengan vidoran Smart Grow

Tidak hanya melakukan tips-tips sebelumnya, Bunda juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak dengan vitamin vidoran Smart Grow agar anak sehat dan tumbuh kembang optimal.

vidoran Smart Grow merupakan merupakan multivitamin anak untuk mendukung pertumbuhan, memperbaiki nafsu makan, dan memelihara daya tahan tubuh si kecil. vidoran Smart Grow diperkaya 3 kandungan utama yaitu kalsium kalsium untuk pertumbuhan tinggi tubuh anak, Curcuma dan Lysine untuk meningkatkan nafsu makan dan membantu penyerapan kalsium.

Selain itu, vidoran Smart Grow diperkaya dengan Omega 3, DHA, EPA yang berperan penting untuk mendukung kecerdasan anak. Lalu ada Buffered Vitamin C, D3 dan Zinc untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar anak tidak gampang sakit. Hebatnya lagi, Vitamin D3 juga membantu penyerapan kalsium sehingga menunjang pertumbuhan tulang dan gigi lebih kuat.

Nah, itu dia beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak gampang sakit. Selamat mencoba ya, Bunda!