Hindari Stres Tips Menjaga Kesehatan Mental ibu hamil

Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan. Namun bagi sebagian ibu, perubahan fisik, sosial, dan emosional dalam kehamilan bisa menimbulkan stres.  Dalam taraf ringan, stres adalah hal normal. Tetapi terlalu banyak stres dapat membuat bumil tidak nyaman karena menjadi sulit tidur, sering sakit kepala, kehilangan nafsu makan atau justru makan berlebihan.

Stres tingkat tinggi yang berlangsung lama juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Saat hamil, jenis stres ini dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Bagaimana Bunda dapat menghindari stres dan meningkatkan kesehatan mental selama kehamilan? Cobalah tips-tips di bawah ini:

Cari tahu penyebab stres
Jangan takut untuk mengakui kecemasan yang Bunda alami dan carilah dengan  jujur apa yang menjadi kemungkinan besar penyebab stres Bunda. Apakah mual muntah yang dialami atau Bunda mengkhawatirkan momen persalinan, kondisi bayi, dan sebagainya. Mengetahui pemicu stres dapat membantu Bunda mencari solusinya. 

Bicarakan kepada pasangan dan dokter
Jika Bunda memiliki kekhawatiran tentang kesejahteraan janin atau hal lainnya, Bunda dapat mendiskusikan pada dokter/bidan. Bunda juga bisa curhat pada pasangan atau seseorang yang dapat Bunda percayai. Curhat mungkin tidak langsung memberi solusi, namun setidaknya bisa membuat Bunda lebih lega karena tahu ada orang yang selalu Bunda andalkan.

Cobalah aktivitas relaksasi
Cari waktu untuk melakukan sesuatu yang Bunda sukai yang bisa meningkatkan mood dan membantu Bunda rileks. Bunda juga bisa mengikuti kelas yoga untuk kehamilan atau kelas senam hamil. Di sini Bunda akan belajar teknik pernapasan dan relaksasi serta mendapat gambaran lebih jelas soal kehamilan dan persalinan.

Istirahat dan tidur yang cukup
Jika Bunda merasa lelah, segeralah beristirahat atau tidur siang. Tidur penting untuk kesehatan mental setiap orang dan juga mendukung kehamilan yang sehat.  Jika Bunda sudah menjadi orang tua dan sulit untuk beristirahat, minta bantuan pasangan atau si mbak untuk menjaga si Keci lalu gunakan waktu untuk tidur.

Hindari dehidrasi
Dehidrasi juga bisa membuat Bunda sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih. Pastikan kecukupan cairan dengan minum sekitar delapan gelas cairan setiap hari. Semua minuman dihitung, termasuk susu, teh, jus, dan lainnya.

Perhatikan asupan gizi
Gizi yang optimal akan bermanfaat tak hanya untuk kesehatan fisik Bunda dan janin, namun juga kesehatan mental. Pastikan Bunda makan secara teratur agar gula darah tidak turun. Turunnya gula darah bisa membuat Bunda merasa lelah dan mudah emosi.        

Penuhi kecukupan gizi dengan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang yang dilengkapi susu vidoran Ibunda. Susu vidoran Ibunda merupakan susu Ibu Hamil Pertama yang dengan Formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Vitamin C, D3, E, Zink, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Protein, Zat Besi, Asam Folat, serta Inulin.

Dengan minum susu vidoran Ibunda, Bunda akan merasa lebih tenang karena tahu telah memberikan asupan terbaik bagi janin. Bagi Bunda yang cemas karena kondisi mual muntah, susu vidoran Ibunda juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mengatasi gejala mual muntah yang sering dialami bumil.

Semoga semua masalah bisa terselesaikan dan Bunda lebih sehat secara fisik dan mental, ya!