5 Bahan Alami yang Kaya Manfaat

Sebagai orangtua, Bunda pasti berusaha maksimal untuk menjaga kesehatan keluarga, terutama anak. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami yang telah dipercaya turun-temurun untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Berikut beberapa contoh bahan alami yang bermanfaat bagi si Kecil yang bisa Bunda tambahkan ke menunya sehari-hari:

1. Susu sapi.
Susu sapi merupakan sumber kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi si Kecil. Sebagai sumber protein, susu sapi sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak. Di dalam susu juga terdapat kandungan lysine, yang membantu proses penyerapan kalsium di saluran pencernaan, serta membantu mengubah asam lemak jadi energi.

2. Temulawak (Cucurma).
Sari temulawak sejak dulu dikenal di Indonesia sebagai bahan alami yang bisa menambah nafsu makan. Temulawak berguna bagi anak yang sedang mengalami penurunan nafsu makan dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Minyak hati ikan Kod.
Ada berbagai manfaat minyak hati ikan Kod yang bisa didapatkan si Kecil jika rutin mengonsumsinya, di antaranya adalah mengoptimalkan funsi otak, menguatkan daya ingat, menyehatkan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan menambah nafsu makan.

4. Madu.
Sejak dahulu kala, masyarakat di berbagai belahan dunia telah menggunakan madu sebagai sumber energi dan sumber nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh. Namun madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah dua tahun karena mengandung bakteri yang berbahaya bagi mereka.

5. Jeruk.
Tak hanya memiliki rasa yang enak dan segar, jeruk juga bermanfaat bagi anak. Jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga imunitas anak. Selain itu, serat dari jeruk membantu menjaga kesehatan pencernaan anak.