Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan salah satu momen bahagia bagi para calon ibu yang tengah menantikan kelahiran buah hati. Tidak hanya harus menjaga kesehatan, ibu hamil pun disarankan untuk mengkonsumsi asupan gizi seimbang untuk ibu dan calon bayi.

Terlebih, selama masa kehamilan sendiri, umumnya para calon ibu ada yang mengalami peningkatan nafsu makan, maupun kehilangan nafsu makan itu sendiri lantaran mual yang melanda.

Kendati demikian, Bunda tetap harus memperhatikan makanan dan minuman yang mengadung gizi seimbang agar daya tahan ibu kuat dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan pun optimal.

Berikut beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi ibu hamil.


1. Sayur

Ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran seperti bayam, kangkung, dan lobak yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan asam folat yang baik untuk memenuhi kebutuhan Bunda maupun janin.

Melansir dari Foxy, sayur memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu maupun janin karena mengandung banyak serat yang mampu mendukung sistem pencernaan, serta mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin.


2. Buah

Selain mengonsumsi sayur, Bunda juga perlu mengkonsumsi buah-buahan. Mengkonsumsi lebih banyak buah selama kehamilan bermanfaat karena buah mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin C dan folat.

Selain itu, buah-buahan memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu mencegah atau meringankan sembelit, yang umum terjadi selama kehamilan. Bunda bisa mengkonsumsi berbagai macam buah seperti apel, jeruk, pepaya, alpukat, hingga berbagai jenis berry.


Baca Juga: 5 Buah dan Sayur yang Disarankan di Musim Penghujan


3. Ikan

Ikan seperti salmon dan cod merupakan sumber asam lemak dan protein omega-3 yang baik. Asam lemak omega-3 baik untuk jantung dan dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Melansir dari Parkway East Hospital, cod merupakan ikan dengan kadar merkuri rendah yang dianggap aman untuk kehamilan. Bunda juga dapat memilih untuk mengonsumsi asam lemak omega-3 melalui suplemen minyak ikan cod.


4. Air Mineral

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air mineral sangat baik untuk kesehatan dan wajib dikonsumsi setiap hari. Bagi para ibu hamil pun, air mineral juga sangat penting karena dibutuhkan dalam pembentukan air ketuban yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan janin.

Selain itu, saat hamil, tubuh membutuhkan cairan yang lebih banyak untuk menghasilkan darah dan air ketuban guna menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil perlu minum air mineral sekitar 10 gelas air setiap harinya.

Namun, hal ini dapat bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada tipe tubuh, dan faktor lainnya. Tetap terhidrasi sangat penting terutama selama trimester terakhir karena dehidrasi dapat memicu kontraksi persalinan prematur. 

Minum air mineral yang cukup juga dapat mencegah infeksi kandung kemih, mencegah sembelit, menurunkan resiko kelahiran prematur. Manfaat lainnya termasuk mengurangi rasa lelah dan meminimalkan pembengkakan karena air membuang kelebihan natrium dari tubuh.


5. Susu vidoran Ibunda


Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil 5 susu vidoran ibunda.jpg


Susu merupakan sumber kalsium dan protein yang baik dan harus menjadi bagian dari asupan gizi para ibu hamil. Kalsium selama kehamilan sangat penting dalam membantu membangun tulang yang kuat pada bayi yang sedang tumbuh. Tidak hanya itu saja, susu juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk tumbuh kembang janin.

Salah satu susu ibu hamil yang dapat Bunda coba yakni vidoran Ibunda. Susu vidoran Ibunda merupakan susu ibu hamil pertama dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil  untuk mendukung daya tahan ibu dan tumbuh kembang janin selama dalam kandungan.

Beberapa kandungan susu vidoran Ibunda yang perlu diketahui:

  1. Cod Liver Oil, mengandung asam lemak Esensial Omega 3 (DHA & EPA) dan juga vitamin A  dan D alami yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan otak dan retina mata pada janin serta membantu menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan.
  2. Tinggi vitamin C, D3, E, Zinc vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga daya tahan Ibu selama kehamilan.
  3. DHA (Omega 3&6) untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang janin.
  4. Tinggi kalsium, zat besi, dan sumber protein untuk pembentukan tulang dan gigi, dan juga  pertumbuhan jaringan pada janin.
  5. Tinggi asam folat & inulin yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin
  6. Kandungan sukrosa dalam susu vidoran Ibunda juga rendah, sehingga kenaikan berat badan ibu akan terjaga.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang baik untuk ibu hamil. Tetap jaga kesehatan selama kehamilan untuk Bunda dan calon buah hati, ya!


Artikel Lainnya: 5 Tips untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Sejak Usia Dini, Bunda Wajib Tahu!