5 Tips untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Sejak Usia Dini, Bunda Wajib Tahu!

Memiliki buah hati merupakan salah satu anugerah terindah dalam kehidupan orang tua. Kendati demikian, ada berbagai hal yang perlu dipantau untuk si kecil sejak dini, mulai dari tumbuh kembang anak, daya tahan tubuh, nafsu makan, kecerdasan, dan masih banyak lagi.

Agar tumbuh kembang anak dan tingkat kecerdasannya dapat sesuai dengan tahapan usia, dibutuhkan upaya dan waktu dari orang tua untuk mewujudkannya melalui rutinitas serta aktivitas sehari-hari.

Seperti menurut Mississippi State Department of Health, penelitian menunjukkan anak-anak seringkali lebih mau mengkonsumsi makanan sehat dan bergerak aktif jika mereka melihat orang tua dan anggota keluarga lainnya melakukan hal-hal tersebut terlebih dahulu. 

Berikut ini beberapa tips yang perlu Bunda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.


1. Memberi Asupan Gizi yang Tepat


5 Tips untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Sejak Usia Dini Bunda Wajib Tahu 1 memberi asupan gizi.jpg


Tips pertama untuk mendukung tumbuh kembang anak sejak usia dini yaitu dengan memberi asupan yang tepat melalui makanan dan minuman bergizi. 

Makanan yang dibuat di rumah jauh lebih sehat dibandingkan makanan cepat saji, apalagi jika diolah dari bahan-bahan segar. Hindari jenis makanan yang digoreng tinggi lemak, terutama makanan cepat saji.

Selain itu, usahakan agar si kecil mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Bunda dapat meningkatkan jumlah ini secara bertahap. 

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam asupan anak adalah membatasi konsumsi makanan manis seperti permen, es krim, kue-kuean manis, dan minuman manis yang umumnya berkalori tinggi.

Biasakan si kecil untuk konsumsi air putih sesuai kebutuhan usianya. Selain itu, Bunda juga bisa melengkapi asupan gizinya dengan memberikan susu pertumbuhan yang kandungan gizinya lengkap seperti vidoran Xmart. 


2. Aktif Bergerak dengan Si Kecil

Tidak hanya memberikan asupan gizi yang tepat, namun para orang tua juga harus aktif bergerak dengan si kecil. Terutama, anak-anak cenderung mengikuti apa yang mereka lihat dari orang tua, sehingga penting bagi Bunda untuk menunjukkan hal-hal positif seperti mengajak anak aktif bergerak.

Temukan cara untuk memasukkan aktivitas fisik selangkah demi selangkah ke dalam rutinitas keluarga, bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti mengajak anak menari diiringi lagu-lagu ceria, bermain bola bersama si kecil, dan lainnya.

Lakukan beberapa cara untuk bergerak aktif bersama si kecil dengan mengajak anak beraktivitas di luar rumah beberapa kali dalam seminggu, kurangi durasi menonton televisi atau menggunakan siaran dari gadget, mengajak anak bermain, dan merencanakan berbagai aktivitas fisik yang ringan namun seru untuk anak-anak.

Seperti misalnya mengajak anak berjalan-jalan ke taman, mengajarinya berenang, atau mengolah kreativitas anak dengan mengajaknya membuat istana pasir saat ke pantai.


3. Pastikan Waktu Tidur Cukup untuk Anak

Waktu tidur menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan Bunda untuk mendukung tumbuh kembang anak sekaligus menjaga kesehatannya. 

Melansir dari Nebraska Medicine, rutinitas waktu tidur yang konsisten penting untuk kesehatan anak, di mana mereka harus tidur antara 9 hingga 11 jam. Selain itu, kualitas tidur berhubungan langsung dengan perilaku, kebiasaan makan, dan kemampuan melawan infeksi. 


Baca Juga: Lebih Baik Mana Minum Susu Sebelum Tidur atau Minum Susu di Pagi Hari?


Kurang tidur meningkatkan keinginan untuk makan makanan cepat saji dan sering kali mengakibatkan perubahan suasana hati, amarah, dan peningkatan risiko infeksi pada anak.


4. Pendidikan Akademis untuk Anak Sejak Dini

Selain tumbuh kembang anak dalam hal kesehatan secara fisik, Bunda juga perlu memperhatikan psikis anak sejak dini dengan mendukung kecerdasannya sejak usia belia. 

Salah satunya yakni dengan memberikan pendidikan akademis untuk anak sejak dini. Tidak perlu langsung mengajarkan hal-hal berat untuk si kecil, namun Bunda bisa mulai mengajarinya tentang hal-hal sederhana yang ada dalam kehidupan sehari-hari. 

Melansir dari Inc, penelitian menunjukkan bahwa membacakan buku untuk anak-anak dan mengajari mereka Matematika sejak dini dapat berdampak besar pada prestasi di tahun-tahun berikutnya. 

Selain itu, orang tua juga harus selalu berkomunikasi dengan anak mengenai berbagai minat mereka, serta mendorong anak-anak untuk mulai belajar mandiri.


5. Lengkapi Kebutuhan Gizi dengan Vitamin vidoran Smart Grow

Selain melakukan tips-tips sebelumnya, Bunda juga perlu melengkapi asupan vitamin dan mineralnya untuk membantu tumbuh kembang anak.

Pastikan untuk memilih vitamin yang tepat sesuai dengan kebutuhan si kecil. Bunda dapat memberikan vidoran Smart Grow, multivitamin anak untuk mendukung pertumbuhan, memperbaiki nafsu makan, dan memelihara daya tahan tubuh si kecil.

vidoran Smart Grow diperkaya 3 hero ingredients seperti kalsium untuk pertumbuhan tinggi anak, Curcuma dan Lysine untuk meningkatkan nafsu makan dan, membantu penyerapan kalsium.

Selain itu, vidoran Smart Grow diperkaya dengan Omega 3, DHA, EPA yang berperan penting untuk mendukung kecerdasan anak. Lalu ada Buffered Vitamin C, D3 dan Zinc untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar anak tidak gampang sakit.

Selain itu, Vitamin D3 juga membantu penyerapan kalsium sehingga menunjang pertumbuhan tulang dan gigi lebih kuat.

Nah, itu dia beberapa tips untuk mendukung tumbuh kembang si kecil agar tumbuh tangguh Siap Jadi Kuat dan Cerdas. Selamat mencoba, Bunda!


Artikel Lainnya: 4 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil saat Musim Hujan

ARTIKEL TERKAIT