Selain Enak, Ini Alasan Kenapa Susu Punya Manfaat Baik untuk Anak

Susu menjadi salah satu asupan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak, terutama sejak usia dini. Terdapat banyak nutrisi yang terkandung di dalam susu, bahkan minuman yang satu ini juga memiliki rasa yang menggugah selera.

Namun selain rasanya yang enak, ada pula beberapa alasan kenapa susu punya manfaat baik untuk anak, lho.

Melansir dari laman Kauvery Hospital, susu menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan sangat diperlukan untuk kesehatan, pertumbuhan dan gizi bayi, anak-anak atau remaja.  Susu dapat merangsang pertumbuhan, meningkatkan kadar kalsium dan vitamin D di mana keduanya penting untuk perkembangan dan mencegah penyakit.

Lebih rinci, berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam susu dan punya manfaat baik untuk anak:

Protein: terdapat 2 jenis protein yang terdapat dalam susu; 80% merupakan protein susu tidak larut yang disebut kasein dan 20% merupakan protein larut yang disebut protein whey.

Kedua jenis ini kaya akan asam amino esensial dan mudah dicerna. Sementara kasein membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan yang dikonsumsi, protein whey membantu membangun otot atau mempertahankan otot tanpa lemak.

Kalsium: seperti yang diketahui semua orang, kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi yang baik pada usia berapa pun. Ini mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis di kemudian hari. 

Anak-anak yang tidak minum susu sapi dan juga tidak mengonsumsi kalsium dari sumber lain berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang pada masa kanak-kanak dan remaja.

Fosfor: bersama dengan kalsium dan vitamin D, fosfor diperlukan untuk kesehatan tulang yang baik. Ini membantu tubuh membuat protein dan mengatur bagaimana lemak dan karbohidrat digunakan.

Kalium: nutrisi yang satu ini mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot dan tekanan darah dalam tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram otot, kelelahan, dan fluktuasi tekanan darah. Ini juga membantu mencegah retensi air, batu ginjal dan stroke.

Magnesium: magnesium berperan dalam menghasilkan energi dan menjaga detak jantung teratur. Ini mengatur fungsi saraf, fungsi otot dan kadar gula darah. Hal ini diperlukan untuk kesehatan tulang yang baik dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Vitamin A: vitamin ini melindungi mata dari rabun senja dan penurunan fungsi akibat usia, dapat menurunkan risiko kanker tertentu, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, mendukung kesehatan tulang, dan meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi yang sehat.

Vitamin D: vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang kita konsumsi dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Ini juga membantu melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan secara keseluruhan.

Vitamin B12: ini membantu tubuh membuat DNA, mencegah anemia dan menjaga sistem saraf dan pembuluh darah tetap sehat.

Vitamin B2 atau Riboflavin: ini mengubah karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi menjadi ATP yang menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin B3: Seperti Riboflavin, vitamin B3 juga membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Ini juga memetabolisme lemak dan protein, meningkatkan sirkulasi, fungsi sistem saraf dan kadar kolesterol.

Vitamin B5 atau asam pantotenat: Ini membantu mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi, dan membuat sel darah merah.


Kenapa Anak Harus Mengonsumsi Susu?

Kenapa Anak Harus Mengonsumsi Susu.jpg


Melansir dari laman Parenting Science, susu merupakan sumber makanan penting yang mengandung kalsium, vitamin D, vitamin A, vitamin B12, dan zat gizi mikro lainnya.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu berperan penting dalam menjaga kadar kalsium dan simpanan vitamin D, dan manfaat nutrisi ini mungkin mempunyai konsekuensi besar bagi kesehatan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D merupakan faktor risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan multiple sclerosis. Selain itu, protein dan kalsium dalam susu sapi dapat berkontribusi terhadap nutrisi dan kesehatan tulang yang lebih baik.

Seperti yang dirangkum oleh Janet Rich-Edwards dan rekannya (2007), penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi produk susu sapi dapat mengurangi risiko malnutrisi protein, lebih sedikit gigi berlubang, peningkatan kandungan mineral di tulang mereka dan lebih sedikit patah tulang, serta mengurangi risiko melemahnya tulang pada anak-anak akibat kekurangan vitamin D.

Dengan demikian, konsumsi susu sangat penting terutama bagi anak-anak untuk membuatnya dapat tumbuh dan berkembang, terhindar dari penyakit, serta membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan.


Artikel Lainnya: Minum susu UHT Bisa Bantu Jaga Asupan Energi Anak


Rekomendasi Susu yang Tepat untuk Anak


Rekomendasi Susu yang Tepat untuk Anak.jpg 

Nah, ada pula rekomendasi susu anak yang bisa Bunda coba, nih. Yaitu vidoran Xmart 1+ yang berupa susu pertumbuhan anak usia 1 – 3 tahun, serta vidoran Xmart 3+ yang merupakan susu untuk anak usia 3 – 5 tahun.

Bukan produk susu biasa, vidoran Xmart 1+ dan vidoran Xmart 3+ hadir dengan formula imunUp. Selain itu, kedua produk ini diperkaya dengan Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E, dan Zinc serta tinggi DHA (Omega 3 & 6), protein, zat besi, dan sumber serat pangan inulin.

Tidak hanya menyajikan rasa yang enak, vidoran Xmart 1+ dan Vidoran Xmart 3+ terbuat dari bahan baku berkualitas susu sapi Australia dan New Zealand dan memiliki kandungan gula lebih rendah sehingga lebih sehat.

Nah, tidak perlu ragu lagi untuk memberi vidoran Xmart +1 dan Vidoran Xmart +3 untuk si Kecil, karena terbukti 9 dari 10 ibu Indonesia memilih susu vidoran Xmart. Selamat mencoba ya, Bunda!


Artikel Lainnya: Rawat Si Kecil Sejak Kehamilan, Bumil Wajib Penuhi Kebutuhan Gizi Ini!