Rawat Si Kecil Sejak Kehamilan, Bumil Wajib Penuhi Kebutuhan Gizi Ini!

Masa-masa kehamilan menjadi salah satu momen paling membahagiakan bagi para calon ibu. Tidak hanya memberikan berbagai pengalaman baru dan berharga, masa kehamilan menjadi momen penting bagi calon ibu dan bayi agar dapat terus bertumbuh dengan sehat.

Saat hamil, tubuh para calon ibu harus bekerja ekstra selama kehamilan, sehingga asupan nutrisi dan gizi yang diperlukan pun meningkat. 

Di antara banyaknya kebutuhan gizi yang diperlukan selama kehamilan, asam folat menjadi salah satu kandungan sangat penting, lho. Asam folat sendiri banyak ditemukan dalam makanan sehari-hari, suplemen prenatal, bahkan dalam susu ibu hamil.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa nutrisi dan kebutuhan gizi yang wajib dipenuhi para ibu hamil selama masa kehamilan!


1. Asam Folat

 

1 asam folat.jpg


Seperti yang telah disebutkan di awal, asam folat merupakan salah satu nutrisi paling penting dan harus terpenuhi selama masa kehamilan. 

Mengapa demikian? Melansir dari laman Johns Hopkins Medicine, asam folat merupakan vitamin B yang dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, di mana hal tersebut merupakan kelainan pada sumsum tulang belakang bayi.

Masa kritis perkembangan janin terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan, seringkali sebelum seseorang menyadari bahwa dirinya hamil. Salah satu struktur paling awal yang terbentuk adalah tabung saraf. Struktur ini awalnya datar, tetapi menggelinding menjadi tabung hanya 1 bulan setelah pembuahan untuk menjadi otak dan sumsum tulang belakang.

Tanpa asam folat yang cukup, sel-sel dalam struktur ini tidak dapat berfungsi atau tumbuh dengan baik dan salurannya tidak dapat menutup. Tulang belakang, tengkorak, dan otak dapat terpengaruh, dengan kelainan terbuka atau tertutup.

Para peneliti telah menemukan bahwa risiko cacat tabung saraf menurun secara signifikan ketika seorang ibu mendapat tambahan asam folat sebagai tambahan dari makanan sehat mulai dari 1 bulan sebelum pembuahan hingga 2 hingga 3 bulan setelah hamil.

Untuk memenuhi asupan asam folat sendiri, dapat ditemukan melalui makanan sehari-hari seperti sayuran hijau, kacang polong, hingga buah-buahan seperti jeruk, pisang, dan melon. Selain itu, para ibu hamil juga dapat memenuhi asupan asam folat melalui minuman seperti susu ibu hamil, salah satunya vidoran Ibunda.

Bukan hanya produk susu ibu hamil biasa, vidoran Ibunda merupakan susu ibu hamil dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil  untuk mendukung daya tahan ibu dan tumbuh kembang janin selama dalam kandungan.

Beberapa Kandungan susu vidoran Ibunda yang perlu diketahui:

  1. Cod Liver Oil, mengandung asam lemak Esensial Omega 3 (DHA & EPA)dan juga vitamin A  dan D alami yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan otak dan retina mata pada janin serta membantu menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan.
  2. Tinggi vitamin C, D3, E, zinc, vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga daya tahan Ibu selama kehamilan.
  3. DHA (Omega 3&6) untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.
  4. Tinggi kalsium, zat besi, dan sumber protein untuk pembentukan tulang dan gigi, dan juga  pertumbuhan jaringan pada janin.
  5. Tinggi asam folat & inulin yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin
  6. Kandungan sukrosa dalam susu vidoran Ibunda juga rendah, sehingga kenaikan berat badan ibu akan terjaga.

Para calon ibu dan buah hati, pastikan untuk memenuhi asupan kebutuhan asam folat dengan baik selama kehamilan, ya!


2. Kalsium

Kebutuhan gizi selanjutnya yang wajib dipenuhi para ibu hamil selama masa kehamilan yakni kalsium. Nutrisi yang satu ini dapat membantu mengatur cairan dalam tubuh ibu hamil, serta membantu membentuk tulang dan gigi calon bayi. 

Salah satu sumber utama kalsium yang bisa dikonsumsi yaitu berasal dari produk susu. Namun, ada pula beberapa sumber kalsium lainnya sebagai pilihan seperti sayuran hijau, ikan, tahu, hingga olahan susu seperti keju dan yoghurt. 


3. Protein



3 protein.jpg


Protein menjadi salah satu nutrisi penting selama kehamilan yang harus dipenuhi asupannya. Protein sendiri dapat membantu untuk membangun organ penting bayi seperti jantung dan otak. Protein pun dapat dengan mudah ditemukan melalui makanan sehari-hari seperti ikan, telur, daging, serta kacang-kacangan.


Baca Juga: Cari Tahu Beda Protein Nabati dan Protein Hewani


4. Zat Besi

Para calon ibu juga harus memenuhi asupan zat besi selama kehamilan. Jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi, para ibu hamil bisa cepat merasa lelah bahkan terserang anemia.  Asupan zat besi pun dapat dengan mudah diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti sayuran hijau, daging tanpa lemak, buah-buahan, serta kacang-kacangan.


5. Vitamin D


5 vitamin D.jpg


Tak kalah penting dengan nutrisi-nutrisi lainnya, vitamin D juga menjadi kebutuhan gizi selama kehamilan yang dibutuhkan. Melansir dari laman NHS, para ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D sekitar 10 microgram dalam satu hari. 

Vitamin D sendiri mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, serta otot. Beberapa makanan yang terdapat kandungan vitamin D di dalamnya mulai dari telur, daging merah, serta ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden.

Nah, itu dia beberapa kebutuhan gizi yang wajib dipenuhi untuk para bumil selama kehamilan. Selain itu, untuk mendukung kehamilan, Bunda bisa mengonsumsi susu vidoran Ibunda agar asupan nutrisi selalu terjaga, ya!


Artikel Lainnya: 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Anak Usia 1-5 agar Tumbuh Optimal

ARTIKEL TERKAIT