Vitamin B6 Tidak Boleh Dilewatkan Ibu Hamil Muda

Vitamin B6 yang juga dikenal sebagai piridoksin adalah vitamin yang larut dalam air yang dibutuhkan tubuh untuk beberapa fungsi.  Vitamin B6, misalnya, berguna untuk pembentukan sel darah merah dan neurotransmiter serta  meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan mood.

Dalam kehamilan pun, vitamin B6 memegang peran penting. Mengonsumsi vitamin B6 dalam jumlah yang cukup, penting untuk kesehatan bumil dan dapat mencegah serta mengobati penyakit. Berikut beberapa manfaat vitamin B6 untuk ibu yang hamil muda

Mencegah anemia

Vitamin B6 memiliki peran dalam produksi hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh. Ketika bumil memiliki hemoglobin rendah, sel-sel tidak mendapatkan cukup oksigen. Akibatnya, bumil mengalami anemia dan merasa cepat lelah. Studi menemukan bahwa mengonsumsi 75 mg vitamin B6 setiap hari selama kehamilan menurunkan gejala anemia pada 56 wanita hamil yang tidak responsif terhadap pengobatan zat besi.

Membantu mengurangi mual muntah

Vitamin B6 telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengatasi mual dan muntah selama kehamilan. Sebuah penelitian pada 342 wanita dalam 17 minggu pertama kehamilan menemukan bahwa suplemen harian 30 mg vitamin B6 secara signifikan mengurangi rasa mual setelah lima hari pengobatan, dibandingkan dengan plasebo). Studi-studi ini menunjukkan bahwa vitamin B6 efektif dalam mengobati mual dalam kehamilan.

Dapat meningkatkan mood

Vitamin B6 memainkan peran penting dalam pengaturan suasana hati. Hal ini karena vitamin ini diperlukan untuk menciptakan neurotransmiter yang mengatur emosi, termasuk serotonin, dopamin, dan asam gamma-aminobutirat.

Yang perlu diketahui, tubuh tidak dapat memproduksi vitamin B6, jadi  bumil harus mendapatkannya dari makanan sehat dan bergizi seimbang. Vitamin B6 sendiri dapat ditemukan di banyak makanan, termasuk ikan, daging merah, daging ayam, sayuran hijau, dan buah-buahan, seperti alpukat dan pisang.  Lengkapi pola makan sehat bumil dengan susu yang kaya vitamin B6, seperti vidoran Ibunda.

Susu vidoran Ibunda merupakan susu Ibu Hamil pertama dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Vitamin C, D3, E, Zink, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Protein, Zat Besi, Asam Folat, Inulin yang dibutuhkan selama kehamilan sehingga Ibu dapat memberikan asupan terbaik bagi calon buat hati sejak di dalam kandungan.

Artikel Lainnya: Penuhi Gizi Anak dengan Pedoman Isi Piringku

Sumber:

www.babycentre.co.uk

www.healthline.com

ARTIKEL TERKAIT