Penuhi Gizi Anak dengan Pedoman Isi Piringku

Makanan sehat bergizi sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Anak yang sehat akan  memiliki lebih banyak energi untuk belajar, bermain, bergerak, dan tumbuh dengan baik. 

Untuk tetap sehat, anak-anak perlu mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Sebagai panduannya, pedoman Isi Piringku bisa banyak membantu. Isi piringku memberi pesan sederhana, seperti:

  • Makanan anak harus bervariasi guna memenuhi keseimbangan gizi.
  • Isi setengah piring anak dengan sayuran dan buah-buahan.
  • Buatlah setidaknya setengah dari biji-bijian yang disajikan merupakan biji-bijian utuh, seperti oatmeal, roti gandum, dan nasi merah.
  • Sajikan susu untuk minuman sehat.

Mungkin tidak mudah menerapkan Isi Piringku pada anak. Untuk itu, Bunda bisa menjadi panutan karena Isi Piringku tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa. Si Kecil yang melihat orang tuanya mengonsumsi makanan sehat, kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama. Bunda juga bisa sedikit kreatif saat menerapkan Isi Piringku.  Contoh, jika si Kecil belum mau makan sayuran, cobalah ganti dengan buah-buahan.

Menyajikan Isi Piringku untuk anak juga tak perlu dalam porsi besar. Anak-anak balita memiliki perut yang kecil. Mereka hanya bisa makan dalam jumlah kecil sehingga makanan yang mereka makan dan minum harus bergizi.  Gunakan nafsu makan anak sebagai panduan untuk membantu Bunda memutuskan berapa porsi makanan yang sesuai. Nafsu makan anak bisa meningkat seiring pertumbuhannya. Anak yang lebih kecil akan makan lebih sedikit, anak yang lebih besar akan makan lebih banyak.

Nah, selamat mencoba. Bila Bunda masih merasa sulit untuk menerapkan isi Piringku karena si Kecil susah makan, vitamin, seperti vidoran smart frugie, bisa coba diberikan.  vidoran smart frugie memiliki beberapa keunggulan, seperti

  • Mengandung Curcuma dan Lysine untuk membantu memperbaiki nafsu makan di masa pertumbuhan.
  • Dilengkapi dengan Multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan.

Semoga si Kecil memiliki kebiasaan makan yang sehat!

Artikel Lainnya: Kenyang Belum Tentu Cukup Gizi, Ini Cara Memenuhi Nutrisi Anak

Sumber:

https://kidshealth.org

www.healthdirect.gov.au