Vitamin dan Mineral untuk Kecerdasan Anak Sekolah

Bunda bagaimana status gizi si usia sekolah, gizi baik atau justru kurang? Status gizi anak akan berpengaruh besar, tak hanya pada kesehatan, namun juga pada proses kognisi anak.

Karena itulah mengapa asupan nutrisi menjadi begitu penting. Nutrisi (termasuk vitamin dan mineral) memainkan peran kunci dalam konsentrasi dan pembelajaran di usia sekolah hingga pada akhirnya dapat memengaruhi prestasi akademik anak.

Semua nutrisi tentu penting untuk pertumbuhan dan fungsi kecerdasan anak. Namun ada beberapa nutrisi yang dianggap lebih berperan dalam kesehatan otak anak, berikut di antaranya:

Vitamin B

Ada tiga vitamin B yang berperan penting untuk otak, yaitu vitamin B6, B12, dan B9 (folat). Ketiga jenis vitamin B ini diperlukan untuk fungsi normal otak.  Vitamin ini membantu meningkatkan produksi neurotransmiter atau zat kimia otak yang menyampaikan pesan antara otak dan tubuh

Vitamin C

Neuron-neuron di otak sangat rentan terhadap stres. Kadar vitamin C yang cukup dalam tubuh diperlukan untuk mencegah kerusakan neuron akibat stres ini dan agar neuron mampu berfungsi sebagai pemberi sinyal di otak dengan maksimal. Contoh buah dan sayur yang memiliki vitamin C berlimpah adalah kiwi, jeruk, beri, brokoli, kembang kol, kubis dan tomat.

Vitamin E

Vitamin E membantu menjaga DNA dan mempertahankan struktur membran sel otak yang sehat.  Vitamin E dapat ditemukan pada sayuran berdaun gelap, alpukat, paprika merah, asparagus, mangga, labu, serta kacang-kacangan.

Zat besi

Zat besi sangat penting untuk fungsi otak. Mineral ini bertanggung jawab atas perkembangan kemampuan belajar dan juga koordinasi motorik anak. Contoh makanan kaya zat besi adalah daging merah, seafood, dan sayuran hijau.

Asam lemak omega-3

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 DHA mendukung kecerdasaan dengan menjaga ketajaman memori. Tinjauan dari 5 studi melaporkan hasil positif suplementasi DHA pada kinerja sekolah, termasuk kemampuan belajar, membaca dan mengeja.

Untuk mendapatkan semua nutrisi di atas, si Kecil perlu menikmati makanan yang beragam dan bergizi  seimbang setiap hari. Pastikan juga anak selalu memulai hari dengan sarapan praktis namun sehat. Sarapan sederhana, seperti roti gandum dengan telur dan segelas susu vidoran Xmart 5+ sudah dapat dapat menyeimbangkan gula darah dan mendukung fungsi otak dengan meningkatkan konsentrasi dan mencegah penurunan energi.

Susu vidoran Xmart 5+ sendiri dilengkapi berbagai nutrisi untuk mendukung fungsi kecerdasan, seperti tinggi vitamin B, C,  E dan juga tinggi zat besi serta dilengkapi Cod Liver Oil atau minyak Hati Ikan Kod yang berasal dari perairan laut dalam. Cod liver oil mengandung Omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A dan D alami untuk mengoptimalkan perkembangan otak buah hati. 

Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang bergizi baik dapat berprestasi lebih baik di sekolah, kemampuan mereka untuk berkonsentrasi dan melakukan tugas-tugasnya  meningkat dengan baik.

Artikel Lainnya: Musim Flu batuk? Perkuat Daya Tahan Tubuh dengan Segelas Susu

Sumber:

www.prevention.com