4 Alasan Anak Perlu Minum Susu

1 Juni merupakan tanggal yang diperingati sebagai ‘Hari Susu Nusantara’. Menjadi salah satu asupan yang sangat penting bagi si kecil, para orang tua perlu memahami pentingnya mengkonsumsi susu untuk anak, bahkan sejak usia dini.

Bukan tanpa alasan, susu memberikan manfaat yang baik untuk anak, terutama bagi kesehatan. Hal tersebut karena susu dapat merangsang pertumbuhan, meningkatkan kadar kalsium dan vitamin D di mana keduanya penting untuk perkembangan dan mencegah penyakit.

Kendati demikian, banyak Ibu yang mengurangi konsumsi susu pada anak usia 5 tahun ke atas. Padahal, usia 5 tahun ke atas masih membutuhkan asupan gizi yang lengkap dari pola makan gizi seimbang dan dilengkapi dengan susu.


Karena itu, Bunda perlu tahu 4 alasan kenapa anak perlu minum susu sebagai berikut.

Mendukung Pertumbuhan Si Kecil

Susu memiliki nutrisi penting yang menunjang pertumbuhan tubuh anak dan sangat bermanfaat untuk si kecil. Di antaranya seperti kalsium untuk mendukung kesehatan tulang hingga vitamin D untuk memperkuat tulang dan baik untuk jantung.


Memenuhi Kebutuhan Gizi

Pada masa pertumbuhan yang, kebutuhan gizi si kecil akan semakin tinggi. Melansir dari BBC Good Food, susu menjadi salah satu asupan sumber nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan anak untuk mendukung perkembangan mereka. 

Seperti misalnya, susu merupakan sumber vitamin B yang baik, termasuk vitamin B12 yang mendukung sel darah merah dan B2 yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Susu juga menjadi sumber mineral penting seperti kalsium dan fosfor yang membantu si kecil dalam membangun tulang dan gigi yang kuat.


Menghindari Risiko Penyakit 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu memiliki beberapa nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan anak seperti kandungan kalsium, vitamin B, vitamin D, dan lainnya. Dengan mengkonsumsi susu yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut, Bunda bisa membantu si kecil untuk menghindari risiko penyakit.

Hal tersebut karena si kecil bisa berisiko kekurangan kadar kalsium atau vitamin D yang bisa diperolehnya dengan minum susu. 

Melansir dari Verywell Family, konsumsi susu terutama selama masa kanak-kanak, memiliki dampak kesehatan yang bermanfaat bagi pertumbuhan, perkembangan, dan penurunan risiko osteoporosis, hipertensi, obesitas, dan kanker selama masa dewasa.


Sebagai Pelengkap dalam Mendukung Proses Pertumbuhan Si Kecil

Pada dasarnya, proses pertumbuhan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pemberian asupan makanan dan minuman yang tepat, mengajarkan anak untuk aktif bergerak sejak dini, memberikan asupan vitamin, memastikan si kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup, dan sebagainya.

Untuk mendukung proses pertumbuhan tersebut, susu hadir sebagai pelengkap untuk menunjang proses tumbuh kembang si kecil. Selain asupan gizi si kecil yang terpenuhi, ia juga akan mendapatkan manfaat langsung dari mengonsumsi susu tersebut, terutama untuk kesehatan tulang, otot, dan gigi.


Baca jugaSelain Enak, Ini Alasan Kenapa Susu Punya Manfaat Baik untuk Anak


Setelah mengetahui beberapa alasan kenapa anak perlu minum susu, pastikan Bunda memilih produk susu yang tepat untuk si kecil agar pertumbuhan serta asupan gizinya terpenuhi dengan baik. 

Bunda dapat mempercayakannya pada susu vidoran Xmart 5+ yang diperuntukkan untuk anak usia 5 tahun ke atas. Susu vidoran Xmart 5+ mengandung formula imunUp, diperkaya Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E, dan Zinc, serta tinggi DHA, kalsium, dan zat besi, sumber protein, serta tinggi Vitamin B3 kompleks.

Selain itu, susu vidoran Xmart menjadi pilihan yang lebih sehat karena kandungan gulanya lebih rendah, rasa lebih enak, tinggi kandungan DHA, serta dilengkapi formula imunUp untuk mendukung si kecil tumbuh aktif dan cerdas, daya tahan kuat, serta tumbuh kembang yang optimal.

Mari terus dukung tumbuh kembang buah hati dengan stimulasi dan asupan gizi tepat bersama vidoran Xmart agar si kecil siap jadi kuat dan cerdas!