4 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil saat Musim Hujan

Apakah Bunda khawatir akan cuaca yang tak menentu belakangan ini? Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah kemudian diikuti cuaca panas menyengat membuat kondisi tubuh kurang fit. Alih-alih bagi orang dewasa, anak-anak semakin rentan terserang penyakit di tengah musim hujan karena suhu pun ikut berubah dari tinggi ke rendah dengan waktu singkat.

Di sisi lain, aktivitas anak akan terus berjalan mulai dari belajar hingga bermain. Orang tua didorong untuk tidak lengah memberikan asupan gizi terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh buah hati.

Tanpa menghalangi Si Kecil untuk tumbuh dan eksplorasi hal-hal baru, ada lho cara yang bisa Bunda lakukan untuk cegah anak sakit saat musim hujan. Simak beberapa tipsnya di bawah ini yuk!


1. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Menjaga kekebalan tubuh harus dimulai dari dalam. Apa yang dikonsumsi buah hati menjadi penting karena hal ini akan memengaruhi daya tahan tubuhnya. Disarankan oleh dr. Suresh Kumar Panuganti, dokter anak di Yashoda Hospitals Hyderabad, lewat situs Healthshots bahwa anak perlu makan makanan bergizi seimbang. Hindari jajanan pinggir jalan serta selalu masukkan buah dalam menu makanan Si Kecil.


2. Pakai Pakaian Hangat

Ketika hujan deras membuat suhu lebih dingin, pastikan buah hati tetap hangat. Hal ini bisa dilakukan dengan mengenakan pakaian yang lebih hangat. Mengenakan jaket dan kaus kaki, misalnya. 


Baca Juga: Musim Hujan Waspadai Alergi Udara Dingin


3. Menjaga Kebersihan Diri

Langkah selanjutnya untuk jaga daya tahan tubuh anak di musim hujan adalah selalu menjaga kebersihan diri. Tak dipungkiri ada kemungkinan anak kehujanan atau terkena air becek saat hujan. Untuk cegah bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh, ajak anak rajin cuci tangan pakai sabun, berganti pakaian bersih, serta biasakan untuk mandi 2 kali sehari. Kebersihan rumah pun juga harus dijaga dengan cara pel lantai dengan pembersih lantai dilengkapi antiseptik.


4. Immune Booster

Mengutip The Press Journal, disarankan agar Si Kecil dapat perlindungan ekstra dengan immune booster. Vitamin sangat berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Oleh karena itu, musim hujan jadi waktu tepat untuk konsumsi vidoran Smart Vitamins dan vidoran Gummy. Apa perbedaan keduanya?

vidoran Smart Vitamins membantu penuhi kebutuhan multivitamin sekaligus jaga daya tahan tubuh buah hati. Multivitamin berbentuk sirup dan tablet ini dilengkapi kandungan Buffered Vitamin C, Cod Liver Oil, dan Vitamin B Kompleks yang mampu meningkatkan imunitas. Omega 3 terdiri dari DHA dan EPA juga terkomposisi di dalamnya––kandungan baik sebagai nutrisi otak agar anak cerdas.

Sementara vidoran Gummy tersedia dalam 2 jenis, yaitu vidoran Gummy Vitamin C dan vidoran Gummy Multivit. Masing-masing bertekstur kenyal layaknya jeli dengan rasa enak yang disukai anak-anak. Potongan bentuk jeruk menarik perhatian anak ditemukan dalam vidoran Gummy Vitamin C, sedangkan bentuk karakter Doraemon terdapat dalam vidoran Gummy Multivit sehingga buah hati dapat menikmati kebaikan multivitamin dengan cara menyenangkan. 

Dengan mengonsumsi vidoran Smart Vitamin dan vidoran Gummy, daya tahan tubuh anak akan terpelihara dan peningkatan kemampuan belajar selama golden age akan mengoptimalkan kecerdasan anak.


Artikel Lainnya: Puasa Tetap Lancar, 5 Tips Praktis Jaga Kesehatan Anak Buat Bunda selama Bulan Ramadan


Sumber: 

  • https://www.healthshots.com/mom-says/doctor-suggests-8-tips-to-protect-children-from-monsoon-related-illnesses/
  • https://www.freepressjournal.in/weekend/8-tips-to-keep-kids-healthy-during-the-rainy-season