Ternyata Anak yang Makan Bersama Keluarga Punya Keunggulan Tersendiri

Tak dipungkiri bahwa keluarga punya peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Anak akan mengikuti apa yang diajarkan orang tua padanya. Namun lebih dari itu, mereka juga akan meniru apa yang dilakukan orang tua. Contohnya, berperilaku dan berkata seperti apa yang orang tua lakukan dan bicarakan saat makan di meja makan.

Makan bersama keluarga pun jadi hal yang esensial bagi buah hati. Tahukah Bunda bahwa makan bersama keluarga dapat memberikan efek positif pada Si Kecil jika dilakukan dengan tepat? Membangun kebiasaan makan bersama keluarga, seperti sarapan atau makan malam bersama di meja makan, tidak hanya memberikan pengalaman bagi anak, tapi juga dampak baik bagi tumbuh kembangnya.


Yuk simak manfaat makan bersama keluarga bagi anak berikut ini!


Manfaat Kesehatan Fisik dan Mental

Makan bersama keluarga secara rutin dipercaya mampu meningkatkan kesehatan keluarga. Dihimpun dari laman Healthy Kids dan Parents, sebuah studi tahun 2018 di JAMA Network Open menemukan korelasi antara makan bersama keluarga dengan konsumsi makanan sehat dan kebiasaan makan yang lebih baik. Kebiasaan makan sehat ini juga akan terbentuk pada Si Kecil. 

Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik, tapi makan bersama keluarga akan memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan mental Si Kecil, serta hubungan interpersonal antar anggota keluarga juga akan semakin erat.

Menurunkan Risiko Obesitas

Makan bersama keluarga juga memungkinkan setiap anggota keluarga lebih dapat mengontrol berat badan karena hidangan yang disajikan di rumah akan lebih sehat dan sesuai porsinya untuk masing-masing anggota keluarga. Selain itu, terdapat studi tahun 2015 yang dirilis di Journal of Pediatrics yang juga menyarankan keluarga untuk makan bersama setidaknya dua kali dalam seminggu untuk melindungi anak-anaknya dari permasalahan berat badan di kemudian hari.


Meningkatkan Komunikasi dan Kepercayaan Diri Anak

Saat makan bersama keluarga, terdapat komunikasi yang dilakukan antar anggota. Hal ini akan berdampak pula untuk peningkatan kemampuan komunikasi serta kepercayaan diri anak. 

Ajak anak untuk menceritakan hari-harinya dan orang tua ikut mendengar dengan saksama akan memberi pesan bahwa anak dihargai dalam lingkup keluarga. Interaksi sosial dan diskusi yang berlangsung selama makan bersama juga mendorong anak menjadi komunikator yang lebih baik.



Momen makan bersama memang jadi cara menyenangkan untuk menyantap makanan sambil merekatkan hubungan keluarga. Bunda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan Si Kecil konsumsi makanan bergizi agar dapat mendukung tumbuh kembangnya.

Seperti yang telah dibuktikan oleh studi, makan makanan rumahan yang sudah dipertimbangkan nutrisinya akan mempengaruhi kebiasaan makan Si Kecil. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk sajikan makan makanan yang bergizi, dan lengkapi gizinya dengan segelas susu vidoran Xmart. 

vidoran Xmart 5+ merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk melengkapi asupan gizi anak usia 5 tahun ke atas. Pada usia sekolah seperti ini, anak butuh asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan tinggi badan, kecerdasan, serta tumbuh kembang optimal.

Susu vidoran Xmart 5+ dilengkapi formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil dan Tinggi DHA untuk kecerdasan optimal Si Kecil. Selain itu, susu vidoran Xmart 5+ juga mengandung tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tinggi Kalsium, Zat Besi, Protein dan vitamin B Kompleks untuk pertumbuhan tinggi dan tumbuh kembang maksimal. Sementara kandungan 1000 mg Inulin dalam vidoran Xmart 5+ baik untuk pencernaan sehat Si Kecil.

Vidoran Xmart juga tersedia dalam kemasan UHT dan merupakan satu-satunya UHT dengan tinggi DHA untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil di mana saja dan kapan saja.

Jadi Bunda kebiasaan makan bersama keluarga akan memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak, dan jangan lupa lengkapi asupan gizinya dengan susu vidoran Xmart untuk dukung si kecil cerdas maksimal tinggi optimal. 



Sumber:

https://healthy-kids.com.au/parents/developing-positive-eating-behaviours/family-meals/

https://www.parents.com/recipes/tips/unexpected-benefits-of-eating-together-as-a-family-according-to-science/