5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Anak Usia 1-5 agar Tumbuh Optimal

Tahukah Bunda bahwa golden age anak (usia 0-5 tahun) merupakan waktu terbaik untuk belajar? Sebagai bagian dari proses pembelajarannya, permainan untuk eksplorasi sebanyak-banyaknya jadi aktivitas penting yang harus dilakukan terutama bagi anak usia 1-5 tahun.

Mengingat Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, Bunda bisa memanfaatkan libur panjang untuk bonding bersama anak sekaligus memaksimalkan tumbuh kembangnya dengan cara beraktivitas bersama.

Ada banyak aktivitas yang bisa Bunda dan buah hati lakukan sebagai proses pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan. Mengutip Raising Children, aktivitas ini krusial untuk perkembangan anak karena dapat membantu pembelajaran dengan berbagai cara, membangun hubungan anak dengan orang tua, membangkitkan kepercayaan diri anak, anak dapat merasakan kasih sayang, membangun kemampuan sosial, dan membangun kemampuan fisik anak.

Nah, ini dia sederet kegiatan ibu dengan buah hati sebagai cara meningkatkan kecerdasan anak sekaligus merekatkan hubungan anak dengan orang tua.

1. Bernyanyi

Hal pertama yang disarankan adalah bernyanyi bersama menggunakan lagu bersajak anak-anak. Saat ini, banyak sekali lagu anak-anak yang mudah ditemukan melalui platform online. Ajak Si Kecil untuk bernyanyi lagu anak-anak tersebut dan libatkan sentuhan dan gerakan untuk meningkatkan kemampuan sosial dan hubungan emosional orang tua-anak.

2. Membaca

Untuk mengasah kemampuan berpikir dan kebahasaannya, ajak untuk membaca cerita bersama setiap hari. Biarkan anak memilih buku ceritanya sendiri, lalu baca bersama-sama. Bunda juga bisa menunjuk suatu kata dan meminta mereka menyebutkan kata tersebut setelah Bunda contohkan. Cara lain memaksimalkan proses pembelajaran ini, yaitu dengan bertanya ke buah hati “Apa yang akan terjadi selanjutnya?”

Baca Juga: Tips Kegiatan Seru Merayakan Ramadan di Rumah untuk Si Kecil

3. Menggambar

Selanjutnya adalah menggambar untuk asah kreativitas. Sediakan krayon atau pensil warna serta kertas gambar di mana mereka bisa menggali imajinasi mereka dan menuangkannya dalam karya seni. Untuk aktivitas ini, Bunda wajib mengawasi agar anak tidak memasukkan alat gambar dalam mulut serta pilihlah krayon non-toxic agar tidak berbahaya.

4. Bermain di Luar

Kemampuan fisik dan sosial juga bisa didapatkan anak dengan mengajaknya bermain di luar ruangan. Ke taman bermain, misalnya. Di sini, buah hati dapat bercengkrama dengan teman sebaya dan bermain bersama. Berdasarkan laman Zero to Three, aktivitas sosial ini akan memberikan Si Kecil gambaran tentang apa artinya menjadi teman dan memiliki teman.

Si Kecil dan temannya juga dapat eksplorasi banyak hal baru di luar, seperti memanjat, berlari, mengayun di ayunan, dan sebagainya. Opsi lain untuk membangun kemampuan sosial juga bisa dilakukan dengan memperkenalkan anak-anak dengan instrumen alat musik dan bermain musik bersama teman sebaya.

5. Bermain Air

Di usia golden age, anak juga perlu diperkenalkan dengan berbagai macam warna, tekstur, dan sensasi. Selain dengan bermain di luar, Bunda juga bisa ajak anak untuk bermain air. Tidak harus selalu dilakukan dengan berenang, ada cara sederhana melakukannya. Sediakan gelas plastik kosong, lalu ajak anak untuk menuang dan menciduk air, memindahkannya dari satu gelas ke gelas lain.

Masih banyak aktivitas permainan untuk mengoptimalkan kecerdasan anak lainnya, Bunda. Namun untuk melakukan itu semua, pastikan Si Kecil dalam kondisi fit, sehat, dan siap untuk belajar. Dengan begitu aktivitas tersebut akan semakin menyenangkan dan berarti dilakukan. Sebab itu, terpenuhinya nutrisi anak begitu esensial.

Nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan anak itu bisa didapatkan dari susu vidoran Xmart Gum 1+ untuk usia 1-3 tahun dan vidoran Xmart Gum 3+ untuk usia 3-5 tahun.

Bunda tak perlu khawatir akan komposisinya karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak di masing-masing usia. Setiap susu dilengkapi formula imunUp serta diperkaya Cod Liver Oil, tinggi vitamin C, vitamin D3, vitamin E & Zinc, serta menjadi sumber protein, kalsium, dan serat pangan inulin.

Dengan bahan baku berkualitas susu sapi Australia dan New Zealand, baik vidoran Xmart GUM 1+ maupun vidoran Xmart GUM 3+ Omega 3 juga tinggi DHA yang terdiri dari Omega 3 & 6. Dengan demikian, konsumsi susu vidoran Xmart Gum 1+ dan 3+ di masa golden age ini akan membantu daya tahan tubuh anak serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak selama proses belajarnya.

Artikel Lainnya: Pilihan Snack Simple dan Sehat untuk Si Kecil Selama Perjalanan Mudik

Sumber:

  • https://www.zerotothree.org/resource/stages-of-play-from-12-24-months-young-toddlers-are-problem-solvers/#:~:text=Toddlers%20are%20learning%20to%20walk,can%20explore%20their%20own%20way.
  • https://raisingchildren.net.au/toddlers/play-learning/getting-play-started/toddlers-at-play