Belajar Sambil Bermain

Dunia bermain adalah dunia yang menyenangkan; banyak pelajaran yang disampaikan melalui permainan agar Si Kecil lebih mudah untuk memahami pelajaran tersebut. Salah satu pelajaran yang disampaikan melalui permainan adalah pelajaran cara bersosialisasi, bekerjasama, dan berkomunikasi. Pembelajaran tersebut biasanya dilakukan melalui permainan secara beregu. Apa saja manfaat permainan yang dilakukan dalam tim?

1. Melatih kerjasama 
Misalnya permaianan bakiak yang dilakukan oleh 3 anak atau lebih. Bila mereka tidak kompak dalam menggerakkan kaki, pasti akan jatuh.

2. Belajar mendengar dan memahami kenyataan
Seringkali, anak-anak kurang memperhatikan apa yang orang lain katakan. Menanamkan keterampilan mendengarkan menjadi sangat penting untuk menjaga sopan santun.Kegiatan ini sangat tepat dan menyenangkan guna mengajarkan anak-anak bergiliran berbicara serta mendengarkan orang lain.

3. Belajar menghargai dan berkomunikasi secara positif
Bisa dilatih dengan permainan menceritakan kembali apa yang diceritakan oleh temannya dan mengambil hal positif dari cerita temannya tersebut.

4. Role Play
Yaitu bermain sambil memerankan seseorang.

5. Melatih percaya diri
Salah satu keuntungan ikut dalam permainan tim adalah belajar bekerja sama dan membangun kepercayaan anak-anak pada teman-temannya sekarang dan nanti. 

Selain permainan di atas, untuk mengajar keterampilan sosial kepada anak-anak, olahraga dan kegiatan kelompok seperti membaca bersama juga cukup efektif. Yuk, ajak si Kecil bermain dalam kelompok!