Kriteria Makanan Sehat agar Anak Tumbuh Tinggi

Tinggi badan anak memang bergantung pada genetik. Namun nutrisi yang baik tetap memegang peran penting untuk memastikan tinggi si Kecil mencapai pertumbuhan yang optimal. Protein, misalnya, memainkan peran sebagai kunci dalam pertumbuhan tinggi anak karena makronutrien ini berfungsi dalam membangun dan mendukung perbaikan jaringan tubuh. Kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor juga terlibat karena bermanfaat untuk kesehatan tulang yang merupakan pusat pertumbuhan.

Guna membantu anak mencapai tinggi optimal dan meningkatkan kesehatan si Kecil secara keseluruhan, pilihlah selalu makanan yang sehat untuk anak, yakni yang bervariasi dan bergizi seimbang. Berikut contoh 5 makanan sehat yang dapat membantu si Kecil tumbuh mencapai tinggi optimalnya.

Daging ayam
Daging ayam kaya akan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tinggi anak, terutama perannya dalam  membentuk sel dan jaringan tubuh serta memperkuat tulang dan massa otot.  Ayam seberat 85 gram, misalnya, mengandung sekitar 20 gram protein.

Ubi jalar
Ubi jalar sangat kaya akan vitamin A yang berperan dalam meningkatkan kesehatan tulang.  Selain itu, kandungan serat larut dan tidak larut dalam ubi jalar dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik . Mempertahankan mikrobioma usus yang sehat juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi untuk memastikan anak mendapatkan vitamin dan mineral yang  dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Telur
Satu telur besar mengandung sekitar 6 gram protein. Plus, telur mengandung banyak vitamin dan mineral lain yang diperlukan untuk pertumbuhan, termasuk vitamin D, yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Ikan kod
Kod adalah ikan berlemak yang sarat dengan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak sehat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 terlibat dalam kesehatan tulang dan dapat meningkatkan pergantian tulang untuk memaksimalkan pertumbuhan. Asam lemak omega-3 EPA dan DHA pada ikan kod juga sangat penting untuk fungsi dan perkembangan otak  bayi.  Beberapa penelitian telah menghubungkan asupan ikan berlemak, seperti ikan kod, dengan skor yang lebih tinggi pada tes kecerdasan dan fungsi otak pada anak usia dini.

Susu
Susu vidoran Xmart 5+, merupakan komponen pelengkap dari diet yang sehat yang dapat membantu mendukung kecerdasan dan pertumbuhan anak, termask tinggi tubuhnya.  vidoran Xmart 5+ membantu mendukung pertumbuhan dengan memasok beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, vidoran Xmart 5+ kaya akan protein, dengan hampir 8 gram nutrisi dalam satu satu gelasnya. Tidak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa susu sapi, seperti vidoran Xmart 5+,  dapat mendukung peningkatan pertumbuhan pada anak-anak dan membantu penambahan berat badan dan pembentukan otot. Berikut  berbagai keunggulan vidoran Xmart 5+

  • Cod liver oil merupakan minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+ EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan Otak, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak.
  • Tinggi Kalsium untuk membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  • Asam lemak esensial (asam linoleat) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Tinggi Zat Besi dan Zink untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh dan mendukung proses metabolisme tubuh.

Nah, Bunda siap memberi si Kecil makanan sehat agar #Cerdas Maksimal Tinggi Optimal?

Sumber
www.healthline.com